Tradisi Dundunan dan Bancakan

Sabtu [04/2], keluarga Ibu Dian yang mempunyai rumah di depan posko tim KKN UNDIP desa Sawahjoho, Kecamatan Warungasem, Batang, baru saja merayakan 7 bulanan sejak anaknya lahir. Desa Sawahjoho memiliki tradisi unik untuk keluarga yang mempunyai bayi yang mulai menginjak usia 7 bulan, yaitu dundunan dan bancakan.

DSC_9278

 

Dundunan atau yang biasanya disebut dengan turun tanah adalah acara untuk bayi yang baru saja menginjak usia 7 bulan, yang dituntun untuk melakukan beberapa hal, seperti membasuh kaki dengan air bersih, menginjak jadah 7 warna, dan yang lainnya.

Setelah acara dundunan, warga sekitar berkumpul di depan rumah, dan pemilik rumah akan menyebarkan uang koin ke jalanan. Warga pun berebut mengambil uang-uang koin tersebut. Warga yang mengikuti tradisi itu kebanyakan adalah anak-anak dan ibu-ibu.

 

DSC_9279

Setelah acara tersebut selesai, sekarang giliran bancakan. Bancakan adalah acara pembagian nasi dengan berbagai macam lauk yang dibungkus dengan daun. Pemilik rumah membagi-bagikan nasi tersebut kepada para warga yang mendatangi rumahnya. Setelah mendapatkan uang dan nasi, para warga pun kembali ke rumah masing-masing.

DSC_9282