APAKAH KAMU SUDAH DONOR DARAH ?

Sering kita mendengar kata donor darah, lalu apa yang ada dipikiran kita ? Takut, sakit ditusuk jarum, dan lain sebagainya. Hal ini lah yang membuat banyak masyarakat kurang berminat untuk mengikuti kegiatan donor darah. Padahal faktanya, donor darah dapat memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh.

Sabtu (4/02/2017) mahasiswa/i KKN Tim 1 UNDIP 2017 Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal mengadakan kegiatan donor darah yang diikuti oleh seluruh mahasiswa/i KKN dan masyarakat di setiap kelurahan Kecamatan Kendal. Kegiatan ini didukung oleh Bapak Camat beserta seluruh perangkat kecamatan Kendal dan juga bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kecamatan Kendal yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Kendal mulai dari pukul 08.00 hingga 11.30 WIB. Kegiatan donor darah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya untuk membantu sesama serta membantu PMI dalam menambah persediaan darah yang dapat digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

1486829692791

Gambar 2. Suasana saat Pengambilan Darah oleh Petugas PMI

Selain kegiatan donor darah, dilaksanakan juga konsultasi kesehatan gratis oleh mahasiswa/i Fakultas Kedokteran yang terdiri dari program studi kedokteran umum, ilmu keperawatan dan ilmu gizi.. Konsultasi kesehatan yang diberikan meliputi konsultasi mengenai penyakit-penyakit yang banyak ditemukan di masyarakat sekitar seperti hipertensi, diabetes mellitus atau kencing manis, asam urat dan kolesterol. Konsultasi yang diberikan juga meliputi pemenuhan gizi bagi remaja dan orang tua. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dalam rangka meningkatkan angka kesehatan masyarakat di kecamatan Kendal. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama mahasiswa/I KKN Tim 1 UNDIP dengan petugas PMI.

Gambar 3. Foto Bersama Mahasiswa/i KKN Tim 1 UNDIP 2017 dengan Petugas PMI

Editor : Dr. rer. nat. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng

Tanggal : 14 Februari 2017