Mahasiswa KKN Memberikan Edukasi MP-ASI Untuk Tingkatkan Imunitas dimasa Pandemi

Padangsidimpuan,(24/1)-Kegiatan KKN kali ini berbeda dengan kegiatan KKN pada periode sebelum-sebelumnya karena dilakukan dimasa pandemi, sehingga terjadi beberapa perubahan seperti melakukan KKN di rumah sendiri namun tetap melakukan pengabdian terhadap masyarakat setempat. Tema yang diangkat pada KKN kali ini yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Adapun program KKN yang diusung mahasiswa KKN Tim I 2021 Kota Padangsidimpuan mendukung tujuan SDG’s poin 3 yaitu Good Health and Well Being

Kegiatan yang dilakukan yaitu “Edukasi Pemberian MP-ASI Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak di Masa Pandemi” yang diharapkan kegiatan ini dapat membantu peningkatan status kesehatan masyarakat di wilayah Lingkungan III, Padangmatinggi, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara khususnya bagi anak baduta.

Kegiatan Edukasi MP-ASI menggunakan media Leaflet

Tujuan utama dilakukan program kerja ini yaitu memberikan pengetahuan kepada ibu yang memiliki anak berusia 6-24 bulan dalam pemberian MPASI sesuai dengan usia dan kebutuhan harian anak untuk meningkatkan imunitas tubuh anak di masa Pandemi Covid-19. Virus Covid-19 dapat menyerang siapa saja mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa hingga lansia. Selain anak usia 6-24 bulan masih memiliki kendala dalam berkomunikasi, sehingga apabila anak memiliki tanda dan gelaja Covid-19 akan sulit dan mengungkapkannya. Untuk itu, salah satu pencegahan utama yang dilakukan agar terhindar dari virus Covid-19 adalah memiliki sistem imunitas tubuh yang baik salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan atau MP-ASI yang meningkatkan imunitas tubuh dengan prinsip gizi seimbang dan sesuai dengan usia dan kebutuhan harian anak.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh survey lapangan yang telah dilakukan bahwa dimana beberapa ibu yang memiliki anak usia 6-24 bulan belum pernah mendapatkan edukasi terkait MP-ASI, namun ada beberapa yang sudah mendapatkan edukasi ketika mengikuti kegiatan posyandu. Kegiatan edukasi ini dilakukan secara door to door kepada 8 ibu yang memiliki anak berusia dibawah 2 tahun dengan media yang digunakan berupa leaflet. Sebelum melakukan edukasi, terlebih dahulu diberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman ibu terkait pemberian MP-ASI, kemudian dilakukan kegiatan edukasi dan mempersilahkan ibu untuk bertanya jika ada pemaparan yang kurang jelas setelah itu diahkir kegiatan dilakukan kembali tanya jawab untuk melihat sejauh mana pemahaman ibu setelah dilakukan edukasi.

Penulis : Vivi Ucianna

DPL : Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum.