Sekolah Masih Daring! Mahasiswa KKN Undip Edukasi Orang Tua Lewat Mini Booklet

Semarang (30/1/2021) – Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini tentunya berdampak pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Pembelajaran jarak jauh yang mengandalkan sistem daring tersebut dirasa tidak efektif. Banyak orang tua yang memiliki berbagai kendala dalam mendampingi anak-anaknya belajar di rumah. Kendala tersebut di antaranya adalah orang tua yang kurang familiar dengan penggunaan teknologi, orang tua yang sibuk bekerja, dan anak-anak yang kurang bersemangat belajar di rumah.

Permasalahan inilah yang melatarbelakangi Ira Florencia, mahasiswa KKN Undip, melaksanakan program edukasi yang ditujukan bagi para orang tua yang memiliki anak di tingkat PAUD dan Sekolah Dasar. Program kerja tersebut dilaksanakan di wilayah RT 01/RW 01, Kelurahan Tembalang. Berdasarkan survei yang telah dilaksanakan sebelumnya, mahasiswa mendapati banyaknya orang tua di wilayah setempat yang mengeluh dengan adanya sistem pembelajaran daring. Edukasi dilakukan selama dua hari, yaitu pada tanggal 28 dan 29 Januari 2021. Untuk menghindari kerumunan, mahasiswa melaksanakan program edukasi tersebut secara door to door dengan membawa media pendukung berupa mini booklet. Dalam pelaksanaan program kerja tersebut, mahasiswa mengadakan sesi sharing mengenai kendala yang dihadapi oleh para orang tua, serta memberikan solusi yang mungkin dapat dilakukan. Selain itu, mahasiswa memberikan mini booklet yang berisi beberapa tips dalam mendampingi anak belajar selama di rumah. Dijelaskan pula macam-macam gaya belajar anak agar para orang tua dapat menentukan metode belajar mana yang cocok untuk diterapkan. Tak hanya itu, mahasiswa juga mengingatkan para orang tua untuk meningkatkan pendidikan literasi anak-anaknya sejak dini mengingat bahwa tingkat literasi di negara kita masih tergolong rendah.

Dengan adanya program tersebut, mahasiswa berharap agar para orang tua dapat menemukan gaya belajar baru yang nyaman dan merasa terbantu dalam mendampingi anak-anak kedepannya. Hal ini juga merupakan upaya dalam memenuhi salah satu tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu pendidikan bermutu.

Penulis: Ira Florencia (Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya)

Dosen pembimbing: dr. Akhmad Ismail, M.Si.Med.