PAPANISASI RT DESA KLERO

Kamis (16/02/2017) pembuatan papan penunjuk RT Desa Klero, telah selesai dilaksanakan. Desa klero memiliki lima dusun yang tersebar dari total ± 260 ha luas wilayahnya. Dusun-dusun tersebut adalah Dusun Klero-Klrajan, Dusun Poncol, Dusun Ngadirno, Dusun Kali Gandu, dan Dusun Gumuk. Dari ke-lima dusun tersebut, terdapat 26 RT yang sudah berhasil dipapanisasi oleh Tim 1 KKN Undip 2017.

76918

Pembuatan papan penunjuk RT, diawali dengan survei lokasi oleh Tim 1 KKN Undip 2017, saat minggu-minggu awal penerjunan tim ke lokasi KKN. Desa klero yang memiliki wilayah luas, dan banyaknya jumlah RT membutuhkan waktu dua hari dalam proses pemetaan nya. Kami, dibantu oleh sejumlah perangkat desa dalam pemetaan wilayah guna menentukan tempat strategis pemancangan papan penunjuk RT tersebut.

Dalam proses pembuatan papan tersebut, kami dibantu oleh warga Desa Klero, yang notabene nya bekerja sebagai tukang las (Muhlisin). Penunjuk RT tersebut terbuat dari besi, dikarenakan kami berharap palang tersebut dapat memiliki kekuatan yang baik sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama. Tidak hanya dilihat dari material pembuat nya, ketahanan suatu barang juga berdasarkan pada perlakuan si pemakai barang. Jadi, kami berharap warga Desa Klero juga dapat menjaga papan tersebut sehingga dapat bertahan lama.

P_20170217_135701

Pembuatan palang penunjuk RT merupakan permintaan langsung dari warga Desa Klero, dimana seluruh pembiayaan nya ditanggung dari kas Desa. Kami Tim 1 KKN Undip tahun 2017, diberikan amanat tersebut dikarenakan, pembuatan papan penunjuk RT merupakan program kerja KKN periode lalu yang belum rampung dilaksanakan. Winarno, selaku kepala Desa Klero, menyambut baik terselesaikannya pembuatan dan pemasangan papan penunjuk RT tersebut. Audie Graha, selaku koordinator Desa Klero, juga merasa bersyukur dan berharap “semoga papan penunjuk RT tersebut dapat memudahkan warga terutama para pendatang yang melewati Desa Klero”. Pemasangan papan penujuk RT juga merupakan salah satu kegiatan penutup serangkaian program kerja TIM 1 KKN Undip selama 42 hari di Desa Klero, Tengaran.