DOMBA TERJANGKIT SCABIES ! MAHASISWA INJEKSI DOMBA DENGAN OBAT SCABIES DAN OBAT CACING

injeksi wormectin dan b kompleks

Kupang, Kecamatan Ambarawa (27/12/2020) Di musim penghujan ternak lebih rentan terjangkit penyakit, hal ini disebabkan oleh lingkungan yang lembab sehingga bakteri dan virus lebih mudah berkembang dan menginfeksi ternak. Salah satu penyakit yang kerap dijumpai di peternakan domba dan kambing adalah skabies atau kerap dikenal dengan kudis. Skabies disebabkan oleh tungau yang menyerang kulit ternak. Ternak yang terinfeksi skabies kulitnya akan lecet dan mengalami kerontokan bulu. Skabies sangat merugikan peternak karena ternak yang terinfeksi akan turun produktivitasnya bahkan dapat menyebabkan kematian.

Satria Rasyid Mahasiswa S1 Peternakan Universitas Diponegoro berinisiasi untuk melakukan program edukasi dan pelatihan kesehatan ternak di lingkungan sekitar. Program ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan pelatihan kepada peternak tentang kesehatan ternak.

“Di musim penghujan ini keadaan kandang cenderung lembab dan kita sulit membersihkan kotoran, sehingga cukup banyak ternak terinfeksi gudik, mungkin karena kotor dan lembab ya mas” imbuh Bp. Bandi Peternak asal Kupang Kidul, Kecamatan Ambarawa. Kemudian ternak diobati dengan injeksi obat wormectin (obat skabies) , obat cacing dan diberi vitamin ternak untuk mempercepat proses pemulihan kesehatan.

Oleh : Satria Rasyid / 23010117130117 (Fakultas Peternakan)