KENALKAN PEMBUKUAN KEUANGAN, MAHASISWA UNDIP BANTU UMKM KELURAHAN ROWOSARI TINGKATKAN KUALITAS USAHA

Semarang (04/02/2021). Bisnis UMKM meningkat secara pesat di Indonesia setiap harinya. Saat ini, UMKM telah memegang 90% kegiatan bisnis di Indonesia. Namun, diantara banyaknya perkembangan UMKM di Indonesia, banyak UMKM telah mati dan tidak bisa melaksanakan kegiatan bisnisnya. Pemerintah Indonesia sangat berharap terjadi perkembangan yang baik pada bisnis UMKM. Untuk itu, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan, salah satunya adalah penurunan pajak untuk bisnis UMKM. Tetapi, meskipun upaya telah dilakukan untuk mengembangkan UMKM masih banyak UMKM yang tidak dapat berjalan dengan baik bahkan bertumbangan dalam kegiatan bisnisnya.

            Salah satu penyebab dari tumbangnya UMKM di Indonesia adalah masalah keuangan yang tidak dapat diantisipasi sejak dini. Dalam menjalankan bisnis UMKM, banyak pelaku usaha mengabaikan masalah keuangan khususnya pembukuan keuangan pada UMKM. Bukan hanya perencanaan keuangan, tetapi pengabaian pembukuan keuangan dalam menjalankan bisnis dapat menjadi penyebab buruknya kinerja UMKM. Bukan hanya sekedar pencatatan pemasukan dan pengeluaran, pembukuan keuangan memiliki arti lebih dari pada itu. Dalam pembukuan keuangan terdapat laporan neraca, arus kas, laba rugi, dan lainnya. Seperti yang terjadi pada UMKM di Kelurahan Rowosari, UMKM tidak memiliki pembukuan keuangan yang jelas atas keuangan yang dimiliki UMKM. Bahkan untuk setiap  penerimaan dan pengeluaran tidak dilaksanakan pencatatan transaksi tersebut.

            Kelurahan Rowosari memiliki  dua UMKM yang masih berjalan. Yang pertama UMKM bergerak dibidang pengolahan jamu dan yang kedua bergerak dibidang pengolahan keripik pisang. Namun, kedua UMKM masih belum melaksanakan pembukuan keuangan dan tidak memahami pentingnya pembukuan keuangan. Kurangnya kesadaran pelaku bisnis UMKM tentang pentingnya pembukuan keuangan inilah yang mendorong pelaksanaan pelatihan pembukuan keuangan kepada UMKM khususnya UMKM di Kelurahan Rowosari mengenai manfaat dan langkah pembukuan keuangan pada UMKM.

            Program ini diawali dengan melakukan diskusi dan perizinan dengan pelaku bisnis UMKM di Rowosari mengenai kegiatan, masalah yang dihadapi UMKM dan program yang akan dilaksanakan kepada pelaku bisnis UMKM Keluarahan Rowosari. Sedangkan sesi kedua dilaksankaan dengan pemberian modul dan pelatihan pembukuan keuangan kepada UMKM. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan pertemuan dengan pelaku bisnis UMKM dan menjelaskan manfaat pembukuan keuangan serta melaksanakan pelatihan pembukuan keuangan pada UMKM.

Melalui program ini diharapkan pelaku bisnis UMKM semakin sadar mengenai pentingnya melakukan pembukuan keuangan pada usaha bisnisnya dan mampu melakukan pembukuan keuangan sederhana secara mandiri agar UMKM dapat berjalan sesuai dengan harapan pelaku bisnis dan berkelanjutan ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini.

Penulis             : Rointan Silalahi

Editor              : Abdi Sukmono ST., MT