MAHASISWA UNDIP EDUKASI GURU SEKOLAH DASAR CARA PENANGANAN CIDERA YANG TEPAT
Temanggung (4/2/2021) Mahasiswa KKN melaksanakan kegiatan edukasi terkait dengan cara penanganan cidera yang tepat pada guru sekolah dasar di SDN Candisari.
Penanganan cidera yang seharusnya dapat membantu proses penyemuhan dan dapat membantu menguragi sakit terkadang malah berdampak sebaliknya. Dimana hal ini diakibakan dari penanganan luka yang kurang tepat. Kebiasaan dan informasi yang kurang tepat menyebabkan praktik ini masih terus berlanjut hingga saat ini.
Penanganan cidera seperti pemakaian pasta gigi pada luka bakar masih sering dilakukan padahal dalam beberapa kasus hal tersebut dapat mengakibatkan bengkak pada area luka, atau muncul gejala alergi dan lain sebagainya. Kemudian penanganan pingsan yang tepat, penanganan mimisan yang biasanya terjadi pada anak dan lain sebagainya juga perlu untuk diperbaharui supaya mengurangi rasa cemas apabila sewaktu-waktu terjadi.
Edukasi berkaian dengan hal ini akan bermanfaat bagi masyarakat untuk mecegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Oleh karena itu guru sebagai panutan dalam program ini menjadi saran utama. Edukasi dilaksanakan dengan melakukan survey awal mengenai cidera yang sering dihadapi baik di lingkungan sekolah atau lingkungan rumah dan penanganan pada cidera yang telah diketahui. Hal ini dilaksanakan untuk mengetahui cidera yang sering dihadapi dan juga penanganan cidera yang pernah dilakukan atau yang diketahui oleh para guru. Hasil dari survey ini nantinya akan dilihat dan menjadi pertimbangan untuk materi yang akan disampaikan. Dalam materi yang disampaikan terkait dengan penanganan yang tepat dengan menggunakan peralatan yang ada disekitar kita. Dalam proses edukasi ini terbentuk kerjasama yang baik antara mahasiswa dan guru dari baiknya proses koordinasi melalui WA chat, penyedian sarana, kegiatan tanyajawab mengenai topik menarik dan juga kegiatan praktik penanganan cidera.
Ibu Rosiah sebagai Kepala Sekolah SDN Candisari berharap dengan adanya edukasi ini akan dapat memberikan pengetahuan baru yang nantinya dapat disebarkan dan diterapkan baik di lingkungn sekolah ataupun di lingkungan rumah. Guru sebagai panutan juga diharapkan dapat memberikan informasi yang baik dan contoh bagi siswa.
Reporter : Titisari (S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat)
DPL : Dr. Rr. Karlina Aprilia, S.E., M. Sc., Akt