MAHASISWA UNDIP AJAK ANAK SD KEGIATAN CLBK

SEMARANG – Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong pendidik untuk lebih cerdas dan kreatif dalam mengembangkan lagi media yang akan digunakan dalam proses belajar. Mengembangkan media belajar yang tepat merupakan salah satu langkah untuk dapat memajukan pendidikan dalam perkembangan zaman. Dalam dunia pendidikan, media merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu proses pembelajaran.

Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya dan keseniannya, hal tersebut sudah selayaknya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi warga negara Indonesia. Mengenalkan budaya bangsa kepada anak merupakan hal yang sudah seharusnya dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran anak akan arti pentingnya mencintai budaya bangsa. Banyak berbagai cara mengenalkan budaya bangsa kepada anak-anak, yang penting adalah menyenangkan dan dapat dinikmati oleh mereka, salah satunya adalah menggunakan media papercraft, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP Tim I Tahun 2021 dalam program kegiatan CLBK (Cerita Lintas Budaya Kita) pada Jum’at, 29 Januari 2021 di RT01 RW01 Kelurahan Tembalang. perkutut katuranggan https://majalahlovebird.net/jenis-perkutut-lokal-katuranggan/

3434
Anak-anak membuat papercraft bentuk kesenian dan kebudayaan

Membuat papercraft diketahui memiliki efek positif yang sangat bermanfaat bagi kecerdasan motorik anak. Selain dapat melatih kecerdasan motorik, papercarft juga bisa dijadikan sebagai hiasan yang sangat menarik. Dari segi bahan, papercraft tidak memerlukan biaya yang besar, kebutuhan dalam pembuatan papercraft lebih terjangkau dibanding alat peraga/media lain seperti plastik, besi, dan bahan kayu. Selain itu, papercraft juga aman bagi anak-anak karena tidak berbahan kimia yang berabahaya. Bahan kertas untuk membuat papercraft sendiri agar dapat berdiri tegak adalah kertas dengan ketebalan 70 gsm sampai 100 gsm. Jenis kertas dengan ketebalan berikut merupakan kertas yang sudah biasa digunakan sehingga untuk mendapatkannya tidak terlalu sulit. Namun papercraft juga memiliki kekurangan sendiri yaitu dari segi bahan bahwa kertas merupakan bahan yang tidak akan kokoh dalam kurun waktu lama, tidak anti air maupun anti api karena sifat kertas yang mudah meresap, selain itu warna dalam papercraft jika disimpan dalam kurun waktu yang sangat lama dan terkena sinar matahari warnanya pun akan memudar, sehingga diperlukan kehati-hatian dalam menyimpannya.

67741
Hasil membuat papercraft
3057
Papercraft Reog Ponorogo, Kesenian dari Jawa Timur

Program kegiatan CLBK (Cerita Lintas Budaya Kita) dimaksudkan untuk memperkenalkan ragam suku budaya Indonesia pada anak, melalui program ini diharapkan menjadi salah satu langkah upaya untuk memperkenalkan budaya-budaya nusantara untuk menumbuhkan sikap saling menghargai dan menanamkan rasa cinta tanah air. Selain itu, program ini juga ditujukkan untuk mewujudkan tujuan Pembangunan Bekelanjutan atau SDGs poin empat yaitu Pendidikan Berkualitas.

Penulis : Rini Hastari

#KKNTim1KelompokPakZulfa
#KKNTim1Periode2021
#p2kknundip
#lppmundip
#undip