WASPADA PENYEBARAN COVID-19! Mahasiswi Undip Adakan Sosialisasi Cek Mandiri Covid-19

Jakarta (27/01/21) Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung cukup lama dimulai sejak Maret 2020. Saat ini, sudah banyak tindakan pencegahan dan penanganan yang diserukan pemerintah serta masyarakat, dimulai dari pemberlakuan PSBB hingga peningkatan kinerja layanan kesehatan. Tetapi tetap saja, kasus semakin meningkat karena penyebaran penyakit ini sangat cepat dan masih tingginya tingkat aktivitas masyarakat di luar rumah.

Dengan ini, mahasiswi KKN Tim 1 Undip mensosialisasikan tes mandiri Covid CLM dengan aplikasi JAKI untuk mengetahui risiko terkena Covid-19. Selain untuk mengetahui seberapa besar risiko yang dimiliki, masyarakat dapat melakukan pencegahan dan penanganan lebih cepat dan tepat.

Poster Edukasi Cek Mandiri Risiko dan Cara Isolasi Mandiri

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan warga RT.02 RW.03 Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada tanggal 27 Januari- 30 Januari 2021, tepat pada minggu ke-4 pelaksanaan KKN Tim 1 Undip. Sosialisasi dilakukan secara door to door dan daring melalui grup aplikasi whatsapp dengan poster berisikan informasi mengenai cara melakukan tes mandiri tes mandiri Covid CLM dengan aplikasi JAKI dan cara melakukan isolasi mandiri di rumah yang benar sebagai bentuk penanganan terhadap orang terpapar Covid-19.

Dokumentasi Kegiatan

Dengan adanya sosialisasi mengenai tes mandiri Covid ini, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengetahui risiko yang dimiliki serta bagaimana penanganan yang baik.

Penulis : Tridewi Anugrahjuwita, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro

DPL : Alan Prahutama, S.Si., M.Si