Mahasiswa KKN UNDIP melalukan pengenalan terhadap warga mengenai sejarah pandemi di dunia dengan pencegahan dan penanganannya.

Depok 5/Februari. Saat ini Indonesia dan negara lain di dunia masih  dilanda pandemik COVID-19. Hal ini dapat mengubah beberapa bentuk kehidupan masyarakat. Seperti KKN Universitas Diponegoro Tim I tahun 2020/2021 yang  saat ini dilakukan di daerah masing-masing tempat mahaiswa berada dengan tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sunstainable Development Goals). Dengan ini maka KKN Universitas Diponegoro Tim I tahun 2021 tetap bisa dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker.

Salah satu program KKN tahun 2020/2021 di Kelurahan Kalimulya Depok adalah sosialisasi mengenai sejarah pandemi di dunia. Program ini difokuskan kepada warga RT 03 RW 02 Kalimulya, Depok. Media yang digunakan untuk melakukan sosialisasi dengan menggunakan leaflet atau selebaran, yang akan diberikan kepada warga khususnya ibu-ibu dan bapak-bapak warga RT 03 RW 02 Kalimulya Depok. Program tersebut telah dilaksanakan pada tanggal  1 Februari dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Alasan mengapa memilih program sosialisasi mengenai sejarah pandemi di dunia karena hingga kini masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui apa saja pandemi yang juga pernah melanda dunia selain Covid 19. Dalam leaflet atau selebaran mengenai sejarah pandemi di dunia ini juga disertai dengan penanganan dan pencegahan. Tujuan dan hasil yang diharapkan dari program ini agar masyarakat khususnya warga RT03 RW02 Kalimulya Depok ialah warga RT 03 RW 02 Kalimulya Depok, dapat lebih menjaga diri dari Covid 19 agar tidak terlutar serta mematuhi protokol  kesehatan dan tidak terlalu panik untuk melawan Covid 19.

Penulis : Ayu Indriani

Pembimbing : Ir. Sulistyo, M.T., Ph.D