Cegah Penularan Covid-19 Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Hand Sanitizer Murah dengan Bahan Alami

Foto : Bahan untuk membuat hand sanitizer (kiri) dan Proses pembelajaran pembuatan handsanitizer ke warga (kanan) 

            Pacitan (06/02/21) – Pandemi Covid-19 yang semakin parah menyebabkan kita harus lebih waspada dan lebih menjaga diri kita dengan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Sejalan dengan tema  KKN Universitas Diponegoro 2021 yaitu Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Yesi Krismunita Dewi dari Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Undip, mengajak warga di daerah Kelurahan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur membuat Hand Sanitizer secara alami sebagai upaya pencegahan Covid-19 dan mengangkat pentingnya menjaga diri dengan 3M, untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

            Hand Sanitizer sendiri merupakan cara alternatif di tengah kewajiban mencuci tangan, agar tangan tetap steril. Hand Sanitizer sendiri sangat efektif digunakan di mana saja, karena tidak memerlukan air dan bisa dibawa kemana saja. Tapi banyak warga yang merasa keberatan dengan harga Hand Sanitizer yang mahal. Untuk itu salah satu programnya adalah pembuatan Hand Sanitizer alami yang disosialisasikan di Kelurahan Pacitan melalui video yang dibagikan ke grup Whatsapp warga.

            Program ini disasarkan pada seluruh warga Kelurahan Pacitan. Program ini bertujuan tetap taat akan protokol kesehatan namun dengan pengeluaran yang minim. Bisa dikatakan bila satu botol Hand Sanitizer di Apotik harganya Rp 20.000, kita dengan uang Rp 20.000 bisa membuat lebih dari 10 botol Hand Sanitizer alami. Hal ini yang membuat warga Kelurahan Pacitan sangat antusias saat dilakukan Sosialisasi Program Pembuatan Hand Sanitizer alami. Selain harga yang relatif terjangkau, cara pembuatannya pun sangat mudah.

            Caranya, pertama kita menyiapkan alat dan bahannya. Bahannya yaitu alkohol 70% ada di apotik harganya 6.500/100ml, lidah buaya 4-5 daun dan jeruk nipis 2. Alatnya yaitu pisau, wadah, sendok dan botol sprei. Untuk bahannya hanya perlu membeli alkoholnya saja, sedang untuk lidah buaya dan jeruk nipis bisa dicari di sekitar kita. Yang kedua, kita cuci lidah buaya sampai bersih, lalu kupas kulit lidah buaya dan ambil isinya. Selanjutunya dihancurkan isi lidah buaya dengan sendok atau lebih mudahnya dengan blender. Setelah siap dimasukkan alkohol ke dalam botol sprei, tambahkan lidah buaya dan perasan jeruk nipis untuk menambah aroma segar. Setelah semua selesai  Hand Sanitizer alami siap digunakan.

            Hand Sanitizer alami ini sangat efektif, aman, hemat namun tidak meninggalkan protokol kesehatan. Kandungan alkohol mampu membunuh kuman yang ada di tangan, kandungan aloevera dari lidah buaya mengamankan kulit dari iritasi akibat alkohol dan perasan jeruk nipis sebagai penawar bau dari alkohol yang menyengat. Hand Sanitizer alami ini diterima oleh warga Kelurahan Pacitan yang merasa membeli Hand Sanitizer adalah yang yang sulit karena mahal ditengah kesulitan ekonomi mereka.

            Pihak Kampus UNDIP sangat mendukung program-program dari KKN yang menjunjung tinggi protokol kesehatan namun tetap mengedepankan nilai sosial dan ekonomi masyarakat setempat, sehingga diharapkan dengan adanya program-program seperti ini dapat menunjang pemberantasan Virus Covid-19 dan nantinya menjadi sebuah pembiasaan baru demi terciptanya Indonesia Bebas Covid, Indonesia Sehat. (Yesi Krismunita Dewi / Eko Ariyanto)