MASA PANDEMI COVID-19, MAHASISWA UNDIP AJAK WARGA TERAPKAN 3S

Bulusan, Tembalang, Semarang (6/2) Pandemic Covid-19 yang terjadi sangat berpengaruh pada segala aspek kehidupan masyarakat. Hal tersebut menyebabkan perubahan dan kebiasaan baru dalam masyakarat. Secara kognitif, perubahan yang radikal dapat dimaknai berbeda oleh masing-masing individu. Salah satu dampaknya adalah pada kecemasan dan Kesehatan mental seseorang.

WHO menilai peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun ini memiliki makna khusus. Sebab, pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang, hampir dari semua kelompok umur di berbagai negara, terpaksa menjalani kebiasaan baru yang berpotensi meruntuhkan kesehatan mental.

Mulai dari para petugas kesehatan, siswa-siswi yang tidak bisa ke sekolah, pekerja yang berisiko terpapar Covid-19 dan terancam gelombang PHK, masyarakat yang jatuh miskin karena ekonomi terus memburuk, hingga mereka yang harus menjalani isolasi saat lockdown, semua menghadapi risiko penurunan kualitas kesehatan mental.

Belajar dari pengalaman masa lalu, WHO menilai kebutuhan akan kesehatan mental dan dukungan psikososial akan meningkat secara substansial dalam beberapa bulan atau tahun mendatang.

Penjelasan 3S pada Ketua RW.07 Bulusan

Oleh karena itu, Hafidh Raka Kesyananda salah satu mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Angkatan 2017 yang dibimbing oleh Romadhon, S.Pi., M.Biotech mengambil solusi dengan memberikan sosialisasi terkait Gerakan 3S.

Pamflet 3S (Sehat Jasmani, Sehat Jiwa, Sehat Finansial)

Gerakan 3S adalah Sehat Jasmani, Sehat Mental, dan Sehat Finansial. Dengan menjalankan tiga pilar ini dalam berkehidupan. Diharapkan masyarakat dapat bangkit dalam kondisi pandemic COvid-19 ini. Sehat jasmani diharapkan membuat masyarakat lebih sehat dalam beraktivitas serta memiliki imunitas yang baik. Sehat mental diharapkan masyarakat tetap tenang dalam menghadapi kondisi sulit serta mudah dalam mencari solusi dalam setiap permasalahan. Selain dua hal tersebut, sehat finansial bertujuan agar masyarakat paham bagaimana mengalokasikan keuangannya selama pandemic.

Penempelan Panflet 3S

Hafidh Raka Kesyananda – Psikologi Undip 2017

Dosen Pembimbing : Romadhon, S.Pi., M.Biotech

Kelurahan Tembalang, Kecamatan Bulusan

KKN Undip Tim I Semarang 2021