Kesulitan Mengelola Data Kependudukan, Mahasiswa Undip Ciptakan Database Warga Pucang Jajar Timur RW 21

Demak (05/02) – Dalam suatu wilayah atau ruang lingkup tertentu, biasanya terdapat organisasi atau sekumpulan individu yang bertugas mengelola segala hal yang ada di wilayah tersebut. Salah satu contoh yang paling dekat yaitu rukun warga, yang mana memiliki tugas mengatur dan mengelola data warga yang tinggal di lingkungan RW. Sebagai organisasi yang berwenang, RW haruslah bertindak secara cepat dan tanggap ketika ada satu dan lain hal yang terjadi di lingkungan mereka. Misalnya seperti kegiatan monitoring kesehatan warga oleh Puskesmas, RW perlu menyiapkan data-data penting yang bisa digunakan untuk mempermudah berjalannya kegiatan tersebut. Pada situasi itu, kumpulan data yang berisi informasi warga akan sangat diperlukan. Maka dari itu, mahasiswa Undip bekerjasama untuk menciptakan database warga yang dapat digunakan RW untuk mengelola data warga yang tinggal disana.

Pembuatan database warga ini juga dilakukan karena setelah survei lapangan pada minggu awal KKN dan didiskusikan lebih lanjut dengan DPL, Ketua RW meminta bantuan mahasiswa KKN untuk membuat suatu database kependudukan yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lingkungan RW 21. Selain itu, database perlu dibuat dengan fungsi pencarian dan penyortiran data untuk menghemat waktu ketika dibutuhkan oleh masyarakat disana.

Tampilan Awal Web Database RW 21

Database warga disusun dengan menggunakan bahasa PHP dan didukung dengan software sistem manajemen basis data MySQL. Kedua aspek tersebut dapat mempermudah pengelolaan data warga karena setiap data akan saling terhubung sehingga hanya perlu melakukan 1 proses untuk berbagai macam pekerjaan. Misalnya seperti menambah data warga yang baru saja pindah ke lingkungan RW 21, maka hanya perlu memasukkan informasi tertentu pada kolom yang disediakan dan data warga pun akan diperbaharui dalam sekejap mata. Database terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar terdiri dari informasi umum seperti kolom pencarian data, fasilitas sarpras, dan pengelola. Sementara bagian dalam terdiri dari sub menu yang dapat digunakan untuk menambah, menyunting, dan menghapus data tertentu yang berkaitan dengan kependudukan.

Tampilan Keseluruhan Bagian Luar Web Database RW 21
Tampilan Bagian Dalam Web Database RW 21

Penyerahan dan instalasi database dilaksanakan pada hari Jumat (05/02) dengan bertemu Sekretaris RW 21 Pak Hartoyo Santosa atas instruksi Ketua RW. Kegiatan tersebut dilakukan selama kurang lebih 90 menit. Pak Hartoyo memberi masukan kepada kami untuk menambahkan beberapa atribut pada data warga seperti kolom agama, pendidikan, dan golongan darah. Selain itu, menurut beliau database yang dibuat sudah cukup memuaskan dan akan sangat bermanfaat bagi lingkungan RW 21 kedepannya. Mahasiswa berharap database ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan membawa berbagai dampak positif bagi masyarakat Pucang Jajar Timur RW 21.

Dokumentasi Penyerahan & Instalasi Database RW 21 Bersama Pak Hartoyo

Penulis : Muhammad Fikri Adriansyah

DPL : Dyah Wijaningsih, SH. MH.