Pulihkan perekonomian, Mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro adakan pelatihan seperti ini

Pati, 07/02/2021 – Indonesia mengonfirmasi kasus pertama infeksi virus corona pada awal Maret 2020. Sejak saat itu, berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk meredam dampak dari pandemi Covid-19 pada berbagai sektor. Seperti sektor ekonomi yang mengalami dampak serius akibat pandemi virus corona ini.

Selanjutnya, pembatasan aktivitas sosial menjadikan terhambatnya perekonomian. Secara otomatis membuat pelaku usaha melakukan berbagai cara untuk menekan kerugian.

Salah satu upaya untuk memulihkan kembali perekonomian warga adalah dengan memulai berwirausaha di masa pandemi. Seperti berwirausaha membuat masker kain. Dan inilah program kerja yang digaungkan salah satu peserta KKN UNDIP Tim 1 periode 2021, Diyah Ayu Setiyarini.

Mahasiswi yang sering dipanggil Diyah ini, mengadakan pelatihan pembuatan masker kepada pemudi Dk. Mondoliko, Ds. Tegalarum, RT. 05/RW. 03. Pelatihan berlangsung selama dua hari, yaitu pada hari Rabu (20 Januari 2021) dan Sabtu (23 Januari 2021).

Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah supaya peserta pelatihan memiliki keterampilan dalam menjahit khususnya pada pembuatan masker. Serta peserta pelatihan dapat memanfaatkan hasil pembuatan masker untuk dijual.

Program pelatihan pembuatan masker, mendapat respons positif dari peserta pelatihan. Pasalnya, pelatihan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh peserta.

“Ya, saya sangat senang karena ada pelatihan pembuatan masker seperti ini. Saya jadi bisa mengasah keterampilan saya dalam membuat masker dan hasil buatan masker saya bisa saya jual”, ucap salah satu peserta pelatihan bernama Dewi.

Dengan demikian, program pelatihan pembuatan masker kain diharapkan mampu menjadi aktivitas pengisi waktu luang serta memulihkan perekonomian peserta pelatihan.

Penulis : Diyah Ayu Setiyarini

Dosen Pembimbing : Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U.

#KKNtim1Periode2021

#lppmundip

#p2kknundip

#undip