Mengurangi penyebaran covid-19, Mahasiswa KKN UNDIP berikan sosialisasi mengenai aplikasi meeting online

Semarang, Jawa Tengah (29/01/21) – Pelaksanaan KKN UNDIP TIM 1 2020/2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni KKN Pulang Kampung (KKN secara mandiri dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”) karena akibat pandemi covid-19. KKN tersebut berlangsung sejak 4 Januari 2021 hingga 16 Februari 2021.

Dampak dari pandemi tersebut membuat meresahkan banyak orang, karena tidak dapat melakukan aktivitas-aktivitas seperti biasanya. Aktivitas-aktivitas tersebut hanya dapat dilakukan melalui daring. Kerja pun dilakukan secara Work From Home (WFH), sekolah maupun kuliah juga dilakukan secara daring melalui aplikasi meeting online. Bukan hanya itu saja, Warga RT 01 RW 05 Kelurahan Bongsari sering mengadakan kegiatan seperti arisan atau rapat, namun dalam keadaan pandemi kali ini harus menghindari dari kerumunan sehingga mau tidak mau harus melakukan arisan atau rapat dengan menggunakan aplikasi meeting online tetapi banyak yang belum mengerti cara menggunakan aplikasi meeting tersebut. Maka mahasiswa KKN Undip Tim 1 2020/2021 memberikan sosialisasi terhadap warga RT 01 RW 05 Kelurahan Bongsari terutama kepada ibu-ibu PKK tentang Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting. Walaupun sosialisasi dilakukan secara offline tetapi tetap menjaga protokol kesehatan dengan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak). Dalam sosialisasi tersebut juga disediakan handsinitizer dan duduk tersebut diatur jaraknya.

Sosialisasi tentang Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dengan dibagikan booklet yang sudah dibuat oleh mahasiswa KKN Undip, setelah itu dibagikan kepada ibu-ibu dan dijelaskan cara penggunaan Aplikasi Zoom Meeting tersebut kemudian di praktikkan, Jika terdapat yang kurang jelas akan dibantu oleh mahasiswa KKN. Dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh Ketua RT 01 RW 05 Kelurahan Bongsari. Bukan hanya sosialisasi aplikasi Zoom Meeting saja, tetapi terdapat juga pembagian masker untuk ibu-ibu yang datang dan terdapat poster “Protokol Kesehatan Covid-19”.

Dengan adanya sosialisasi Aplikasi Zoom Meeting dapat mempermudah warga dalam menjalankan aktivitas-aktivas walaupun secara online/daring dan semoga pandemi covid-19 dapat segera berakhir supaya dapat melakukan aktivitas-aktivitas seperti sedia kala. Tetap menjaga protokol kesehatan, ingat pesan ibu -> 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak).

Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting
Pembagian Masker

Penulis: Rizky Mutiara Yuliannisa, DPL: Ns. Muhammad Rofii, S.Kp., M.Kep