Pencegahan Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Mengedukasi dan Membagikan Hand Sanitizer kepada anak-anak

Jangli (29/01) – Hand sanitizer adalah cairan atau gel yang umumnya digunakan untuk mengurangi patogen pada tangan. Hand sanitizer menjadi produk yang efektif untuk menggantikan mencuci tangan dengan sabun, terlebih ketika berada di tempat umum dan transportasi umum. Penggunaan hand sanitizer pada saat pandemi Covid-19 ini mengalami peningkatan berkali lipat, akan tetapi berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa KKN Undip yaitu Muhammad Alwan Nadhif bahwa masih banyak anak-anak di Kelurahan Jangli yang kurang mendapatkan edukasi terkait pentingnya penggunaan hand sanitizer.

Gambar 1. Sosialisasi dan Edukasi terkait Penggunaan Hand Sanitizer
(Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Didasari dengan kurangnya kepedulian orang tua untuk mengedukasikan kepada anak-anaknya terkait pentingnya penggunaan hand sanitizer dan demi menghindari penularan Covid-19, Muhammad Alwan Nadhif, mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro berinisiatif untuk mengadakan edukasi terkait pentingnya penggunaan hand sanitizer dan membagikan hand sanitizer.

Acara tersebut berjalan lancar dan kondusif serta sesuai protokol kesehatan dengan dihadiri oleh lurah Jangli, 28 anak-anak, dan ketua rw setempat.

Dengan diadakannya kegiatan edukasi dan pembagian hand sanitizer yang telah dilaksanakan tersebut dapat bermanfaat terutama bagi anak-anak sehingga lebih dapat menjaga diri dan terhindar dari penularan covid-19.

Stop penularan covid-19 lebih lanjut dengan mengikuti protokol kesehatan dan menjaga kesehatan masing-masing!

Penulis : Muhammad Alwan Nadhif (Oseanografi-FPIK-Universitas Diponegoro)

DPL : Dr. Ir. Pinandoyo, M. Si.