Inisiatif! Mahasiswa UNDIP Buatkan Peta Persebaran Hunian DTKS untuk Mempermudah Penyaluran Bantuan Sosial di Kelurahan Bulusan

Semarang (08/02/2021) – Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa dikenal dengan istilah KKN merupakan bentuk implementasi bidang keilmuan yang didapat oleh mahasiswa di bangku kuliah melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP yang bernama Khoirotun Hisan merupakan salah satu mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota yang menjalani kegiatan KKN di Kelurahan Bulusan. Melihat situasi pandemi Covid-19 ini, banyaknya masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan, hingga terpaksa berhenti bekerja, menjadikan mahasiswa yang satu ini berinisiatif untuk membuat peta persebaran hunian yang terdaftar pada DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Hal ini berguna untuk mempermudah Dinas Sosial atau Sie. Kesejahteraan desa dalam mendistribusi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, Peta Persebaran Hunian Kesejateraan Sosial ini juga dapat dijadikan sebagai acuan untuk pemerintah desa dalam memberantas kemiskinan dengan rencana jangka pendek selama kurun waktu 5 tahun, dan dapat dilihat perkembangannya dari waktu ke waktu.

Diharapkan dengan adanya Peta Persebaran Hunian Kesejahteraan Sosial ini menjadikan penyaluran bantuan sosial tepat sasaran serta berjalan secara efektif dan efisien. Masyarakat Kelurahan Bulusan dapat sepenuhnya menjadi masyarakat yang sejahtera dan makmur.

Oleh : Khoirotun Hisan (21040117120026)

Dosen Pembimbing : Yuliana Kristanto, S.A.P., M.Si.