Terapkan Strategi Personal Selling untuk jadi penguasa UMKM di Masa Social Distancing!

Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) memberikan dampak yang cukup besar di berbagai sektor di Indonesia, khususnya di bidang usaha. Wabah corona yang semakin masif akhir-akhir ini pada akhirnya mengganggu proses pemasaran hingga titik yang siginifikan.

Virus Corona Di Indonesia membuat beberapa Industri di Indonesia banyak yang gulung tikar, namun tidak hanya Industri besar, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah yang ada di wilayah Indonesia juga banyak yang mengalami kebangkrutan. UMKM sendiri sangat terdampak pada masa pandemi ini karena UMKM mempunyai target pasar yang kecil, begitupun pendapatan dan keuntungan yang didapatkan.

Maka dari itu strategi personal selling bisa jadi solusi bagi pelaku UMKM. Hal ini disosialisasikan oleh Mahasiswa Menejemen Universitas Diponegoro bernama Nugraha Putra Pratama, ia mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang strategi personal selling yang ditujukan kepada pelaku UMKM. Sosialisasi ini sangat diperlukan di dalam masa pandemi agar pelaku wirausaha dapat menerapkan model pemasaran yang sebelumnya belum banyak pelaku UMKM tahu tentang hal tersebut.

Sementara itu, Nugraha Putra Pratama mahasiswa UNDIP yang membawakan materi menerangkan bahwa Personal Selling merupakan promosi penjualan yang dilakukan secara dua arah, tatap muka atau penyajian presentase pribadi secara langsung antara penjual dengan pembeli untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan, membujuk dan mempengaruhi calon pembeli dengan tujuan terciptanya suatu penjualan.

Meskipun sederhana, namun strategi ini dapat memberi pengertian tersendiri bagi para calon konsumen untuk mengambil keputusan dalam membeli produk. Dalam berwirausaha, para pelaku UMKM menyambut gembira dan sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN, karena pengetahuan dan keterampilan strategi ini sangat dibutuhkan bagi pelaku usaha terutama mengingat masa pandemi ini menjadi serba susah bagi UMKM dalam memasarkan produknya.

Penulis : Nugraha Putra Pratama (12010117130206) Fakultas Ekonomika dan Bisnis

DPL : Laura Andri R.M., S.S., M.A.