LAWAN COVID-19! MAHASISWA UNDIP BERIKAN EDUKASI PHBS DI TPA

Foto Bersama Anak-anak TPA Al-Fattah

Semarang (26/1) Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir, berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 per tanggal 31 Januari 2021 menunjukkan jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia telah mencapai 1.078.314. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka penularan, seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dll.

Selama pandemi Covid-19 upaya pencegahan perlu dilakukan guna mencegah penularan kasus Covid-19, salah satunya yaitu dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Namun, PHBS itu sendiri masih belum dilakukan secara merata di masyarakat, hal tersebut terbukti dari anak-anak di lingkungan RT 4 RW 3 Kelurahan Sumurboto masih belum menerapkan PHBS serta masih bermain di luar rumah tanpa menerapkan protokol kesehatan.

Untuk itu dari permasalahan tersebut, Ana, selaku mahasiswa KKN Undip, melaksanakan kegiatan edukasi PHBS yang meliputi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), makan makanan bergizi, melakukan aktivitas fisik serta etika batuk dan bersin. Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan pengetahuan anak-anak terkait PHBS, serta meningkatkan partisipasi anak-anak dalam menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19 dengan penerapan PHBS.

Penyampaian Materi Kepada Anak-anak TPA Al-Fattah

Kegiatan edukasi PHBS dilakukan kepada anak-anak TPA Al-Fattah Kelurahan Sumurboto pukul 18.30 – 20.00 WIB. Kegiatan dilakukan setelah anak-anak melakukan kegiatan mengaji yang diikuti oleh 13 anak-anak TPA Al-Fattah. Pelaksanaan kegiatan edukasi ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan edukasi dilakukan dengan menggunakan media booklet dengan desain menarik untuk meningkatkan minat membaca anak-anak. Penyampaian materi edukasi disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan penyebaran booklet kepada masing-masing anak. Media booklet ini sangat membantu anak-anak dalam memahami materi edukasi yang disampaikan.

Kegiatan dimulai dengan pengenalan mengenai pandemi Covid-19 dan PHBS setelah itu dilakukan penyampaian materi mengenai penerapan PHBS selama pandemi Covid-19. Selain penyampaian materi juga dilakukan praktik cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang baik dan benar secara langsung. Mas Yayan selaku pengelola TPA Al-Fattah menyambuat antusias kegiatan edukasi PHBS yang dilakukan sebagai salah satu upaya pencegah penularan Covid-19, serta berterima kasih kepada mahasiswa KKN karena materi edukasi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi anak-anak.

Melalui program edukasi ini, Ana, selaku mahasiswa KKN Undip berharap anak-anak TPA Al-Fattah Kelurahan Sumurboto dapat memiliki kesadaran terkait pentingnya penerapan PHBS serta mampu berpartisipasi aktif untuk menerapkan PHBS selama pandemi Covid-19, serta booklet yang dibagikan diharapkan dapat menjadi pengingat bagi anak-anak agar selalu menerapkan PHBS.

Penulis   : Ana Nur Miftachul Adna (Fakultas Kesehatan Masyarakat 2017)

Dosen Pembimbing  : Oktavianto Eko Jati, S.Pi., M.Si.

#kkntim1periode2021

#LPPMUndip

#p2kknundip

#undip