BANYAK CARA! MAHASISWA UNDIP SEMANGAT PERKENALKAN EKOSISTEM LAUT PADA ANAK USIA DINI DI SAAT PANDEMI

Tembalang (7/2) Kegiatan KKN TIM 1 UNDIP 2021 kali ini dilakukan di Kelurahan Kramas RW 06 Kec Tembalang, Semarang. Kegiatan yang dilakukan kali ini mengajak anak-anak usia dini untuk mengenal laut dan keberagamannya melalui cara asyik dan tidak membosankan.

Seperti yang kita ketahui Ekosistem laut berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Topik ekosistem laut akan membangun keingintahuan anak pada ekosistem laut. Berbagai cara untuk mengajarkan anak untuk menjaga laut misalnya bermain di pantai, anak juga berwisata ke daerah konservasi laut seperti wisata Mangrove.

Tantangan di era pandemi ini anak-anak melakukan belajar dan kegiatan lainnya di rumah. Tidak dipungkiri hal ini dapat menyebabkan anak cepat bosan dan rewel saat di rumah.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghibur dan mengedukasi anak saat di rumah. Ada banyak video yang tersebar maupun permainan yang dapat dilakukan bersama. Pada kegiatan kali ini dilakukan edukasi pengenalan ekosistem laut media booklet pada anak-anak usia dini di RW 6 Kel Kramas. Kegiatan ini disambut baik oleh warga karena isinya yang bermanfaat dan membuat anak senang. Anak-anak senang dengan bukunya, ada banyak gambar yang menarik dan permainan yang buat mereka tidak bosan. Salah satu warga, Ibu Dika berterima kasih pada kegiatan ini karena anaknya menjadi suka membaca dan tidak rewel.

Anak- anak adalah generasi penerus bumi, sehingga dari sekarang perlu ditanamkan rasa memiliki dan peduli pada kelestarian ekosistem laut, juga diharapkan akan menumbuhkan kecintaan pada budaya bahari sebagai jati diri bangsa maritim.

Penulis : Dini Anjani, S1-Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro. 26050117120008.

Dosen Pendamping Lapangan: drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp. Perio perkutut suara bagus pada https://majalahlovebird.net/suara-perkutut-lokal-yg-bagus/