KURANGI RESIKO PENULARAN COVID-19 MAHASISWA AJAK MASYARAKAT PAHAMI PROTOKOL ISOLASI MANDIRI

Tembalang (7/2) Kegiatan KKN TIM 1 UNDIP 2021 kali ini dilakukan di Kelurahan Kramas RW 06 Kec Tembalang, Semarang. Kegiatan yang dilakukan kali ini mengajak para warga untuk mengurangi penularan COVID-19.

Jumlah pasien COVID-19 terus bertambah hingga hari ini dan masih belum menunjukkan penurunan.  Seiring dengan banyaknya kasus yang dikonfirmasi, kapasitas rujukan pasien Covid-19 di beberapa wilayah Semarang hampir penuh.

Peraturan Protokol isolasi mandiri dikeluarkan P2PTM Kemenkes RI dengan tujuan untuk mengurangi penularan COVID-19. Pasalnya COVID-19 mudah sekali menyebar dan dapat menyebabkan gejala yang berat dan berakibat fatal.

Dikonfirmasi oleh ketua RW sudah ada pasien COVID-19 di daerah RW 06 Kramas di tahun 2020 kemarin. Pada saat itu protokol isolasi mandiri belum ada sehingga banyak warga yang masih bingung dan khawatir.

Pada kegiatan ini disosialisasikan tentang protokol isolasi mandiri pada warga dengan membagikan poster dan memasangkan pada tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh warga. Kegiatan ini didukung oleh warga setempat karena masih banyak warga yang bekerja di luar rumah sehingga resiko penularan masih tinggi.

Penulis : Dini Anjani, S1-Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro. 26050117120008.

Dosen Pendamping Lapangan: drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp. Perio