HANDSANTIZIER MAHAL??? Mahasiswa KKN TIM I UNDIP Berikan Edukasi kepada Masyarakat Terkait Pembuatan Handsanitizer dengan Bahan Alami Menggunakan Daun Kemangi dan Lidah Buaya

Tembalang (09/02/21), Proses penyebaran virus corona begitu cepat. Tidak hanya di dunia, namun juga di Indonesia. Di Indonesia, kasus pasien positif pertama dan kedua dikonfirmasi Pemerintah RI pada tanggal 2 Maret 2020. Penyebaran yang cepat ini menyebabkan Pemerintah RI mewajibkan seluruh penduduk Indonesia untuk stay at home dan work from home, serta melakukan protokol-protokol kesehatan seperti social distancing, menggunakan masker ketika bepergian, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan handsanitizer dan sebagainya.
Sesuai dengan protokol kesehatan Sesuai dengan protokol kesehatan, masyarakat diharuskan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai upaya pencegahan Covid-19 dengan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Dari sini kita tahu bahwa masih kurangnya edukasi dan pencerdasan untuk masyarakat sekitar RT 01/RW 07 untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Sosialisasi dengan salah satu warga RT 01/RW 07 di Tembalang, Semarang, Jawa Tengah

Kegiatan edukasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN TIM I UNDIP yaitu berupa sosialisasi dari satu rumah ke satu rumah. Mengingat kebijakan bahwasanya di masa pandemi ini tidak diperbolehkan untuk mengadakan suatu perkumpulan, maka sosialisasi dilaksanakan dengan cara mendatangi rumah-rumah warga.

Penempelan poster mengenai pembuatan handsanitizer secara alami di Pos RT 01/ RW 07 Tembalang, Semarang.

Tidak hanya sosialisasi secara door to door, pemberian edukasi dilakukan juga dengan cara menempelkan poster di Pos RT 01. Poster ini ditempel dengan tujuan untuk memberikan arahan serta penjelasan yang lebih detail agar masyarakat mampu menerapkannya. Tak hanya sosialisasi, namun mahasiswa juga memberikan contoh sampel handsanitizer yang dibuat yang dibagikan ke masyarakat sekitar. Harapannya dari kegiatan ini, masyarakat dapat membuat handsanitizer secara mandiri dengan harga yang terjangkau dan bahan yang mudah didapatkan.

Disusun oleh : Widyadhari Dwinanda Putri (23020217130059)

DPL : Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M. Si.