Edukasi Personal Hygiene Cara Mencuci Tangan dan Sikat Gigi yang Baik dan Benar Kepada Anak-anak Panti Asuhan SOS Children Village serta Inovasi Pembuatan Donat Pepaya Sebagai Camilan Bergizi

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Periode 2021 Universitas Diponegoro yang di bimbing oleh Ibu Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si. di laksanakan di Yayasan Panti Asuhan SOS Desa Taruna. Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Pada pelaksanaan kegiatan program kerja KKN, para mahasiswa harus dapat menyajikan dan menyampaikan materi ke anak-anak panti dengan bahasa yang ringan dan mudah di pahami serta menarik perhatian. Kegiatan mengajarkan anak-anak panti asuhan SOS children village mengenai pentingnya pembiasaan pola hidup bersih dan sehat (Personal Hygine) dengan program kerja SDGs yang bertema “Good Health and Well-Being” di laksanakan pada hari Sabtu, 30 Januari 2021 di gazebo panti asuhan SOS Children Village dan mahasiswa yang menyampaikan materinya berada di kost/rumah masing-masing menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Pada minggu ini, kegiatan nya yaitu mengenai pentingnya pembiasaan pola hidup bersih dan sehat (Personal Hygine) yang meliputi sesi pemaparan materi pentingnya Personal Hygine, sesi materi cara mencuci tangan dan sikat gigi yang baik dan benar serta yang terakhir yaitu sesi cerdas cermat. Anak-anak panti di bagi menjadi 7 kelompok diantaranya yaitu kelompok Mangga, Manggis, Stroberi, Anggur, Pepaya, Jeruk, dan Pisang. Setiap  kelompok terdiri dari 4 orang anak. Di setiap sesi nya selalu diadakan tanya jawab dan di sediakan juga hadiah bagi para peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan baik dan benar. Dengan diadakan nya pelaksanaan program personal hygiene di harapkan warga panti dapat lebih mampu meningkatkan pola hidup bersih dan sehat dimasa pandemi covid-19 seperti saat sekarang ini.

Selanjutnya yaitu pelaksanaan program kerja covid-19, yaitu mengenai cara membuat donat pepaya cemilan sehat dan bergizi tinggi yang mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh di masa pandemi covid-19 seperti saat sekarang ini. Pelaksanaan cara pembuatan donat pepaya dilaksanakan di panti Asuhan SOS children village pada hari Senin, 08 Februari 2021. Sebelum memberikan tutorial cara pembuatan Donat Pepaya, dari pihak mahasiswa sebelumnya sudah memberikan bahan-bahan yang di butuhkan terlebih dahulu ke pihak panti agar ketika proses pemaparan cara membuat donat pepaya anak-anak panti dapat ikut mempraktekan pembuatan donat pepaya juga. Setelah itu di lakukan pemaparan cara pembuatan donat pepaya melalui Zoom Meeting dari kost/rumah mahasiswa. Dengan adanya pelaksanaan program kerja ini diharapkan dapat menambah keterampilan dan wawasan penghuni panti asuhan dalam mengolah buah yang kaya akan vitamin dan gizi menjadi cemilan enak yang mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh di masa pandemi seperti sekarang ini.  Dengan adanya program kerja tersebut mahasiswa berharap dapat memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat kepada penghuni panti sebagai wujud realisasi program kerja KKN Universitas Diponegoro TIM 1 Periode 2021.

Naila Zulfa

Rekayasa Perancangan Mekanik – Fakultas Sekolah Vokasi / Angkatan 2017

Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing: Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si.

Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

KKN TIM 1 Periode 2021

Pemaparan Materi Cara Cuci Tangan dan Sikat Gigi Yang Baik dan Benar

Tutorial pembuatan Donat Pepaya Sebagai Camilan Bergizi