Tidak Kunjung Redanya Pandemi, Mendorong UMKM Memanfaatkan Digital Marketing
Kota Semarang (09/02/2021) – Adanya pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia selama hampir satu tahun terhitung sejak bulan Maret telah membawa banyak perubahan terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
UMKM saat ini dituntut untuk memanfaatkan adanya media digital sebagai sarana pemasaran dan penjualan, dikarenakan penurunan pembelian yang secara tidak langsung dipengaruhi oleh adanya COVID-19. Akan tetapi, hal ini dapat menjadi kendala bagi pemilik UMKM yang belum mengenal apa itu digital marketing dan bagaimana pemanfaatannya.
Maka dari itu, mahasiswa Tim 1 KKN Undip turut serta untuk membantu UMKM agar dapat memahami penerapan dan penggunaan digital marketing pada masa pandemi ini. Dengan sasaran UMKM Srundeng Tradisional milik Bu Rahayu yang berada di RW 13 Kelurahan Padangsari pelaksanaan sosialisasi dilakukan oleh Evita Rosa selaku mahasiswa KKN Tim 1 Undip dibawah bimbingan Roro Isyawati P.G, S.IP, M.IP.

Sosialisasi telah terlaksana dengan cukup lancar, dimulai dengan pengenalan digital marketing kemudian penjelasan mengenai pemanfaatan digital marketing melalui Facebook Ads dan juga Instagram Ads kepada pemilik dan anggota pengurus UMKM Srundeng Tradisional Rahayu.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat lebih memotivasi UMKM Srundeng Tradisional Rahayu untuk lebih mengembangkan penggunaan digital marketing di masa pandemi ini.
Penulis : Evita Rosa Salim, FISIP, 14020217130087
DPL : Roro Isyawati P.G, S.IP, M.IP