Pulang Kampung! Dengan Teknologi, Mahasiswa KKN Undip Membantu Pengemebangan UMKM dan Pemberdayaan Pemuda di Desa Grabag

cover
Pelaksanaan Kegiatan KKN di Desa Grabag

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para mahasiswa perguruan tinggi dengan menerapkan ilmu yang telah didapatkan guna membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. Melalui upacara penerjunan mahasiswa KKN, Universitas Diponegoro menerjunkan mahasiswannya untuk melaksanakan kegiatan KKN (04/01/2021). Mengingat kondisi saat ini yang sedang pandemi, KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Diponegoro dilakukan secara daring di wilayah masing-masing sesuai dengan domisili mahasiswa. Dengan mengusung tema “KKN Pulang Kampung” Universitas Diponegoro memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk terjun kedalam masyarakat dengan meneyertakan protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah. Diharapkan dengan adanya pelaksanaan kegiatan KKN yang pada tanggal 25 Januari 2021 s.d. 1 Februari 2021 tersebut, Universitas Diponegoro dengan mahasiswanya dapat berkontribusi dalam membantu masyarakat. 

Bu-yayuk
Proses Pendaftaran Warung Bu Yayuk ke Gmaps dan Pengenalan Shopee

Pandemi COVID-19 memang memberikan banyak dampak yang menyebabkan kerugian bagi kalangan masyarakat. Namun, pandemi tersebut tidak menjadi halangan bagi mahasiswa untuk mengabdi dan memberikan kontribusinya kepada masyarakat. Dengan kegiatan KKN, mahasiswa memberikan kontribusinya kepada masyarakat di salah satu desa di Kabupaten Magelang yaitu Desa Grabag. Desa Grabag merupakan salah satu desa yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan KKN. Desa Grabag ini juga merupakan salah satu pusat ekonomi yang berada di wilayah Kabupaten Magelang. Karena tanahnya yang subur dan mata air yang melimpah, banyak masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan peternak. Selain itu banyak juga masyarakat yang berdagang dan memiliki usaha pribadi. Namun, sejak pandemi COVID-19 ini memberikan dampak negatif bagi perekonomian di Desa Grabag. Demi membantu masyarakat di Desa Grabag, maka mahasiswa KKN Undip melakukan pengenalan teknologi yang mana dapat digunakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama pemilik usaha mikro, kecil,dan menengah (UMKM). Adapun teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah penggunaan Google Maps dan Google Bisnis. Kedua aplikasi tersebut digunakan untuk memudahkan para pelaku UMKM dengan konsumen yang membutuhkan jasa/ produk mereka. Mengingat di Desa Grabag sendiri masih banyak masyarakat yang belum mengerti manfaat teknologi informasi seperti Google Maps dan Google Bisnis. Kelebihan yang ditawarkan yaitu adanya petunjuk arah dan gambaran jalan untuk menuju tempat tersebut. Selain itu, dapat memperluas pasar para pelaku UMKM. Dengan akses internet yang luas dan cepat diharapkan usaha yang mereka miliki dapat semakin berkembang dan dapat meningkatkan minat konsumen. Untuk itu mahasiswa KKN Undip mendaftarkan beberapa UMKM ke Google Maps dan Google Bisnis untuk membantu masyarakat menjangkau konsumen yang lebih luas dan memudahkan akses pertemuan antara penjual dan pembeli melalui Google Maps

mbak-rida
Proses Penjelasan Notebook Pengenalan Shopee di Toko Plastik Rejeki Grabag

Selain melakukan pendaftaran dalam kedua aplikasi tersebut, mahasiswa KKN Undip juga melakukan pengenalan toko online (e-commerce) untuk media pemasaran produk yang dimiliki oleh pelaku UMKM. Aplikasi yang dikenalkan yaitu Shopee, dengan menggunakan notebook sederhana yang dibuat sedemikian rupa, para pelaku UMKM dikenalkan tentang bagaimana menggunakan Shopee mulai dari pembuatan akun hingga cara berjualan dan berbelanja. Diharapkan dengan adanya pengenalan Shopee masyarakat jika ingin membeli barang mentah (kulakan) dapat membandingkan harga termurah yang ada di aplikasi Shopee sehingga dapat menekan pengeluaran modal. Selain itu diharapkan para pelaku UMKM dapat menjual produk mereka di Shopee sehingga dapat diakses oleh banyak orang dan dapat memperluas pasar serta dapat menambah konsumen.

zoom
Proses Penyuluhan Pada Pemuda Desa Grabag

Kontribusi mahasiswa KKN Undip tidak hanya sampai pada masyarakat yang berprofesi sebagai pelaku UMKM saja namun juga memberikan kontribusi kepada para pemuda di Desa Grabag dengan melakukan suatu penyuluhan. Penyuluhan dengan Judul “Ayo Jadi Pemuda yang Melek dan Bijak dalam Menggunakan Teknologi”, bertujuan untuk memberdayakan pemuda di Desa Grabag untuk lebih bijaksana dalam penggunaan Teknologi. Di era pandemi ini penggunaan teknologi meningkat sangat pesat. Salah satu bentuk teknologi yang sering sekali digunakan adalah sosial media, game, dan juga sarana video conference untuk media ajar. Adapun permasalahan yang melatarbelakangi penyuluhan tersebut adalah banyaknya pemuda yang tidak memanfaatkan teknologi dengan bijak seperti kecanduan game, boros daya, menonton video yang tidak senonoh, dll. Dalam penyuluhan yang dilakukan melalui Google Meet (Online) tersebut diberikan penjelasan mengenai definisi teknologi, contoh teknologi, manfaat, dampak, dan juga cara penggunaan yang baik dan bijak. Diharapkan setelah adanya penyuluhan ini pemuda menjadi lebih hati-hati dan lebih bijak dalam penggunaan teknologi supaya tidak menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain.

Diharapkan dengan adanya kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Diponegoro dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada.

Penulis: Elsa Dwi Okta – 24060117120038- Fakultas Sains dan Matematika/ Ilmu Komputer/ Universitas Diponegoro

DPL: Dr. Dodik Pramono, M.Si., Med (NIDN. 0027046804)