Smartbook Jadi Solusi Guru Ajarkan Matematika Selama Pandemi Covid-19

Semarang, Kelurahan Bulusan (18/1) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Tahun 2021 Universitas Diponegoro dilaksanakan secara berbeda pada KKN biasanya. Hal ini dikarenakan semakin meluasnya wabah Covid-19 di Indonesia. Kebijakan yang di ambil oleh UNDIP adalah tetap melaksanakan KKN pada bulan Januari sampai dengan Februari, tetapi dengan beberapa ketentuan yaitu KKN dilaksanakan secara mandiri di wilayah domisili masing-masing peserta KKN.

Pandemi Covid-19 ini memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap kehidupan sehari-hari, khususnya pada sektor pendidikan. Tidak hanya universitas yang terkena dampaknya, bahkan sekolah-sekolah pun harus melakukan pembelajaran yang berbeda. Pembelajaran secara daring pun diberlakukan untuk semua sekolah. Perubahan secara mendadak ini juga menyebabkan ketidaksiapan pada perangkat sekolah khususnya guru harus menyesuaikan cara mengajar secara daring kepada siswanya, ditambah bila siswanya masih sulit untuk menjangkau pelaksanaan secara daring. Mulai dari telepon genggang, kuota internet, dan sebagainya.

Masalah tersebut kemudian perlu adanya suatu metode pembelajaran yang diharapkan mampu membuat proses pembelajaran menjadi lebih baik. Belum lagi beberapa materi sulit untuk diajarkan kepada siswa seperti materi pelajaran matematika. Kemampuan memahami konsep dan kemampuan berhitung harus menjadi dasar menguasai pelajaran ini. Memiliki latar belakang sebagai seorang mahasiswa matematika, penulis selaku peserta KKN Tim I ini membuat program yang dapat membantu guru mengatasi hal tersebut yaitu modul smartbook dan video pembelajaran.

Penyerahan Smartbook kepada Kepala Sekolah SDN Bulusan

Program dimulai pada hari Senin (18/1) yaitu dengan memberikan modul smartbook, kemudian selama beberapa hari ke depan penulis membuat video pembelajaran. Lokasi program yang menjadi sasaran penulis adalah SDN Bulusan. Hal ini dikarenakan masih membutuhkan beberapa perbaikan di beberapa sektor. Sasaran yang di targetkan penulis spesifik kepada guru kelas 6 karena memiliki tanggung jawab kepada siswanya agar mampu menguasai pelajaran untuk persiapan kelulusan. Penulis memberikan modul berupa smarbook yang berisi ringkasan materi kelas 6 dan materi-materi pendukung yang di desain menarik agar menambah minat siswa untuk belajar. Modul ini bisa di perbanyak dengan di cetak atau lebih praktis dapat dibagikan secara daring karena penulis menyajikan juga dalam bentuk softfile. Tidak sampai disitu, penulis juga membuat beberapa video penjelasan materi yang dirasa butuh adanya penjelasan lanjut. Kemudian video ini dapat di bagikan secara daring kepada siswa. Hal ini bertujuan untuk menambah alternatif guru untuk mengajarkan materi matematika khususnya dan materi-materi pelajaran lain umunya yang relevan dengan keadaan pandemi ini.

Hafizh Azka Mufid – FSM Undip 2017

Dosen Pembimbing : Ojo Kurdi, S.T., MT., PhD

Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang

KKN Undip Tim I Kota Semarang