Mahasiswa Undip Ajak Ibu PKK Kelurahan Sendangmulyo Bijak Gunakan Obat

Kegiatan edukasi bersama ibu PKK RT 04 RW 06 Kelurahan Sendangmulyo

Sendangmulyo, Tembalang, Kota Semarang (11/02/2021) – Dzurrotun Nasichah mahasiswi KKN UNDIP TIM I 2021 memberikan edukasi mengenai penggunaan obat secara bijak kepada masyarakat Sendangmulyo khususnya kepada ibu-ibu PKK RT 04 RW 06 sebagai target pelaksanaan program. Serangkaian kegiatan edukasi penggunaan obat secara bijak bertujuan untuk memberikan informasi tentang cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat dengan baik dan benar serta memberikan informasi mengenai cara menggunakan dan mengelola antibiotik.

Leaflet Edukasi “Penggunaan Obat secara Bijak”

Brosur atau leaflet digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi, pelaksanaan kegiatan dilakukan secara langsung agar efektif dan mudah dipahami. Adapun sasaran untuk kegiatan edukasi dilakukan terhadap tiga kelompok Dasa Wisma yang ada di wilayah RT 04 RW 06 Kelurahan Sendangmulyo.

Kegiatan edukasi dilakukan melalui proses dialog dimana selain penyampaian materi juga dilakukan sesi tanya jawab. Kegiatan edukasi tersebut mendapat sambutan yang positif dari warga seperti disampaikan oleh Ibu Wakini.

“Terimakasih sekali mengenai informasi penggunaan obat. Kita semua yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, terus bagaimana cara minum obat biasanya asal-asalan sekarang sudah tahu gimana yang benar,” kata Ibu Wakini saat selesai pelaksanaan edukasi.

Harapan dari kegiatan edukasi ini masyarakat memiliki pengetahuan yang memadai bagaimana menggunakan obat secara benar sehingga terhindar dari akibat buruk penggunaan obat yang salah.

Penulis : Dzurrotun Nasichah (Farmasi, Undip)
Dosen Pembimbing : Dra. Puji Astuti, M.Si