PENERAPAN E-GOVERNMENT PADA PERANGKAT DESA TAMANAGUNG

taman agungSabtu 16 Juli 2016, mahasiswa KKN Tim II Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang, telah melaksanakan salah satu kegiatan monodisiplinnya bertajuk E-Government and Tamanagung On Media. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB di balai desa Tamanagung. Program yang digagas oleh mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro, Alief Khahfi ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan sistem kerja digital pada perangkat desa Tamanagung. Hal ini dilakukan karena masih kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh perangkat desa mengenai sistem informasi desa dan masih kurangnya kemampuan sumber daya manusia (perangkat desa) dalam rangka menerapkan system komputerisasi.

Program ini mendapatkan respon yang postif. Hal ini ditunjukan dari antusiasme perangkat desa untuk mengikuti program yang sudah disiapkan oleh mahasiswa dengan baik. Kegiatan yang berlangsung selama tiga jam ini diawasi langsung oleh Sekretaris Desa Tamanagung bapak Sutikno, dan kegiatan ini dipandu langsung oleh Alief Khahfi, selaku mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro Semarang.

Kegiatan tersebut diawali dengan pengenalan sistem kerja digital dalam pemerintahan kepada perangkat desa Tamanagung, diantaranya dengan mengenalkan cara menginput data ke sistem informasi desa. Kegiatan dilanjutkan dengan tutorial (peraktek) penggunaan Microsoft Excel dan Microsoft Power Point yang benar kepada perangkat desa. Hal ini dikarenakan masih kurangnya kemampuan menggunakan Microsoft Excel dan menyusun presentasi yang baik menggunakan Microsoft  Power Point. Diharapkan setelah dilakukannya tutorial ini, perangkat desa dapat lebih baik dalam melakukan aktifitas yang menggunakan bantuan Microsoft Excel dan Microsoft Power Point.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pencatatan administrasi oleh perangkat desa yang dipandu oleh Alief Khahfi. Selain melakukan pencatatan administrasi, Alief juga menerangkan mengenai bagaimana pencatatan administrasi yang benar, sehingga sistem administrasi desa dapat terstruktur dengan baik

“Kami sangat terbantu dengan kedatangan mahasiswa KKN Undip. Kami berharap program yang dijalankan oleh mahasiswa KKN ini dapat kami terapkan, sehingga kegiatan perangkat desa dapat berjalan dengan baik”, ucap pak Sutikno selaku sekretaris desa Tamanagung.

Kegiatan kemudian ditutup dengan pembuatan email dan akun instagram desa Tamanagung. Hal ini berangkat dari keinginan desa Tamanagung untuk menjadi desa wisata, sehingga dibutuhkan sarana untuk mempublikasikan mengenai potensi wisata desa Tamanagung kepada masyarakat luas.

Mahasiswa KKN Tim II Undip desa Tamanagung berharap program ini dapat bermanfaat dan terus berkelanjutan bagi desa Tamanagung. (Ahmad/Asri)taman agungtaman agungtaman agung