Bosan di rumah di masa Pandemi Covid-19? Lakukan kegiatan yang positif dan berpenghasilan dengan menjadi Reseller suatu E-Commerce

Semarang, Jawa Tengah (9/02) – Pelaksanaan KKN UNDIP TIM 1 2020/2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni KKN secara mandiri dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)” karena akibat pandemi covid-19. KKN tersebut berlangsung sejak 4 Januari 2021 hingga 16 Februari 2021.

Masa pandemi covid-19 ini pasti banyak pihak yang dirugikan, seperti pelajar yang harus sekolah secara daring, kegiatan atau aktivitas-aktivitas yang sering dilakukan sebelum pandemi menjadi tidak dapat melakukan aktivitas sebelumnya, bertemu dengan teman-teman menjadi online, bahkan sampai yang kehilangan pekerjaannya di masa pandemi ini. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN memberikan Sosialisasi Mengenai Pengenalan E-Commerce sebagai Reseller Shopee.

Sosialisasi tersebut berbentuk video yang dibagikan ke warga RT 01 RW 05 Kelurahan Bongsari terutama untuk Remaja karena remaja tersebut sebagian besar masih pelajar dan supaya tidak bosan di rumah karena tidak ada kegiatan apa-apa selain sekolah maupun kuliah, daripada di rumah hanya bermain smartphone saja maka lakukan yang bermanfaat menggunakan smartphone tersebut. Jangan smartphone aja yang pintar tetapi orang yang menjalankan smartphone tersebut harus lebih pintar dari smartphone.

Telah disebutkan bahwa sosialisasi menggunakan video tersebut menjelaskan tentang pengenalan e-commerce, manfaat, cara berjualan di shopee, dan cara menjadi reseller shopee. Sosialisasi tersebut dilakukan secara offline, Mengapa secara offline? karena saya ingin peserta sosialisasi melihat video terlebih dahulu, Jika sudah selesai dapat langsung ditanyakan kemudian dapat dijelaskan secara lebih detail kepada peserta sosialisasi ataupun dapat berbagi cerita dan video tersebut dapat diputar berulah-ulang. Peserta sosialisasi adalah Remaja (SMA, Kuliah, maupun yang sedang mencari pekerjaan).

Sosialisasi offline tersebut dengan mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Bukan hanya sosialisasi saja, namun terdapat pembagian masker kepada peserta sosialisasi dan dihadiri oleh Ketua RT 01 RW 05 Kelurahan Bongsari.

Dengan adanya sosialisasi mengenai pengenalan e-commerce sebagai reseller shopee semoga dapat tidak bosan di masa pandemi ini dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan menghasilkan, semoga dapat membantu para pekerja yang kehilangan pekerjaan supaya dapat berkerja kembali, dan terakhir semoga pandemi covid-19 dapat segera berakhir supaya dapat melakukan aktivitas-aktivitas seperti sedia kala. Tetap menjaga protokol kesehatan, ingat pesan ibu -> 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak).

Pelaksanaan Program Kerja 2
Pembagian Masker
Menjalankan Protokol Kesehatan

Penulis: Rizky Mutiara Yuliannisa, DPL: Ns. Muhammad Rofii, S.Kp., M.Kep