Sosialisasi Pemanfaatan E-Commerce dan Market Place sebagai penunjang bisnis di masa pandemi Covid-19

Serpong, Tangerang Selatan (12/02). Mahasiswa KKN Undip sedang melaksanakan kegiatan KKN dengan tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Bekelanjutan (SDGs) pada 4 Januari – 16 Februari 2021.
Program ini digunakan M. Nicko Fabriano, mahasiswa KKN dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis untuk melakukan program bertajuk “Sosialisasi Pemanfaatan E-Commerce dan Market Place sebagai penunjang bisnis di masa pandemi Covid-19”. Hal ini didorong oleh kondisi dimana industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia menjadi salah satu pihak yang terdampak pandemi virus Corona. Dengan banyaknya pusat perbelanjaan yang harus tutup akibat pembatasan sosial dan daya beli konsumen yang menurun membuat UMKM kemudian beralih ke e-commerce.
Meski dengan momentum tersebut, tak sedikit pelaku UMKM di Kelurahan Serpong, Tangerang Selatan belum menyadari manfaat dari peralihan perilaku bisnis ini. Padahal, terdapat beberapa manfaat untuk UMKM di Indonesia dari hadirnya e-commerce, yaitu memudahkan para pelaku usaha untuk dapat berkomunikasi dengan calon konsumennya. Komunikasi serta informasi yang jelas dari penjual, akan membuka peluang lebih besar bagi pedagang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. Hal ini telah dijelaskan secara mendalam pada proses pelaksanaan program yang disalurkan melalui penyaluran poster dan video yang di publish di laman Youtube mahasiswa.