Mahasiswa KKN Undip Perkenalkan Cara Mudah melakukan Pembukuan UMKM

Kota Semarang (11/02) – Pandemi covid-19 telah banyak menyebabkan perubahan pada kegiatan masyarakat. Kegiatan masyarakat selama pandemi sangat dibatasi dan masyarakat diharuskan mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah. Agar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tetap berlangsung selama pandemi ini, Universitas Diponegoro (UNDIP) telah mengambil kebijakan yaitu pelaksanaan KKN tahun 2021 ini dilakukan dilakukan di kampung masing-masing atau diberi istilah KKN Pulang Kampung dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakaat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”.

Selain memberikan dampak dengan adanya perubahan pada kegiatan masyarakat, pandemi covid-19 ini juga memberikan dampak krisis ekonomi. Terutama pada bisnis yang masih dalam perkembangan seperti UMKM. Para pelaku UMKM harus lebih hati-hati dalam mengelola keuangan usaha mereka agar dapat bertahan di masa pandemi ini. Salah satunya dengan cara melakukan pembukuan sederhana. Oleh karena itu, salah satu mahasiswa KKN Tim 1 2021 Undip membuat sebuah program kegiatan yaitu “Pelatihan Pembukuan Sederhana dan Pengenalan aplikasi pembukuan UMKM”.

Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM tentang pentingnya pembukuan, manfaat melakukan pembukuan, dan cara mudah dalam melakukan pembukuan. Pelatihan ini dilaksanakan di RW VI, Kelurahan jabungan, kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Kegiatan pelatihan dilakukan secara door to door dengan mengunjungi rumah dari pemilik UMKM. Pelatihan dilaksanakan dari tanggal 30 Januari sampai 1 Februari 2021.

Pelatihan diawali dengan tanya jawab bersama pemilik UMKM tentang pembukuan dan keadaan keuangan usaha sekarang. Setelah itu menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan pembukuan sederhana secara manual. Kemudian mengenalkan sebuah aplikasi pembukuan UMKM yaitu BukuWarung dan menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Terakhir, memberikan modul pembukuan sederhana yang berisi langkah-langkah pembukuan dan cara menggunakan aplikasi pembukuan sebagai pegangan untuk pemilik UMKM.

Pelaku UMKM yang dikunjungi sangat antusias menerima pelatihan ini. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para pelaku UMKM dapat melakukan pembukuan dengan tepat dan rutin sehingga dapat mengetahui keadaan keuangan usaha sekarang dan dapat menjadi dasar keputusan usaha kedepannya.

Penulis: Ahmad Aulia Ridho

Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Martini., M. Kes