Dilarang Berkumpul, Media WhatsApp Dimanfaatkan untuk Pengedukasian Digital Marketing

Tangerang Selatan (11/2) – Munculnya virus COVID-19 memberikan efek terhadap banyak aspek di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tidak hanya memberikan dampak di aspek kesehatan saja, tetapi virus ini juga memberikan dampak yang cukup besar terhadap perekonomian. Banyak bisnis-bisnis besar maupun kecil (UMKM) yang terpaksa harus gulung tikar dikarenakan sepi pengunjung dan sedikit pesanan sehingga berdampak juga ke pendapatan bisnis tersebut. Sudah banyak strategi yang dikerahkan oleh pengusaha-pengusaha, tetapi masih belum mampu untuk mempertahankan bisnis yang dimilikinya dikarenakan adanya larangan untuk berkumpul, pembatasan jam buka untuk sektor usaha makanan dan minuman, dan lain sebagainya.

Kondisi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk di rumah saja, seharusnya dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk menjangkau pelanggan-pelanggannya. Terlebih, saat ini era digital sedang mengalami peningkatan yang cukup baik. Cara yang tepat untuk UMKM tetap dapat menjangkau pelanggannya adalah dengan pemanfaatan digital marketing atau pemasaran secara digital. Sudah banyak platform atau aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan proses jual-beli, contohnya adalah e-commerce Shopee, Tokopedia, ataupun media sosial Instagram. Tetapi, masih banyak masyarakat yang belum mengerti bagaimana cara mengaplikasikan dan memanfaatkan e-commerce atau media sosial tersebut untuk melakukan jual-beli.

Melihat kondisi tersebut, salah satu mahasiswa KKN Tim 1 Undip berinisiatif untuk melakukan edukasi mengenai pemanfaatan dan bagaimana cara untuk mengaplikasikan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan media sosial Instagram. Pengedukasian ini dilakukan di daerah RT 02 Kelurahan Jombang, pada rentan waktu pelaksanaan dari tanggal 25 Januari hingga 10 Februari 2021, dengan target warga yang ingin memulai atau sudah memiliki bisnis sebelumnya dapat memanfaatkan platform atau aplikasi tersebut. Selain cara pengaplikasian, mahasiswa ini juga memberikan beberapa tips untuk meningkatkan minat pembeli sehingga penjualan pun berkemungkinan dapat meningkat. Tetapi, dikarenakan adanya larangan untuk berkumpul, mahasiswa ini melakukan sosialisasi dan pengedukasian lewat media WhatsApp. Hal yang dilakukan oleh mahasiswa ini adalah dengan membuat materi berbasis digital marketing yang akan di broadcast kepada warga lewat grup WhatsApp warga, ataupun via personal chat dan jika ada pertanyaan atau masih ada hal yang tidak dapat dimengerti, dapat bertanya langsung kepada mahasiswa yang telah membuat materi tersebut.

Dengan diadakannya sosialisasi dan pencerdasan mengenai pemanfaatan e-commerce dan media sosial ini, masyarakat khususnya di RT 02 Kelurahan Jombang yang ingin memulai bisnis atau yang sudah memiliki bisnis dapat terbantu untuk tetap dapat menjangkau pelanggan dan dapat meningkatkan penjualan kedepannya.

Penulis: Yohanes Apriliano (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Untung Sujianto, S.Kp., M.Kes.