Jadikan Media Sosial sebagai Ladang untuk Perluas Target Pasar bagi pelaku UMKM di Era Pandemi COVID-19!

Kota Semarang (2021), Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro periode 2021 berlangsung dari tanggal 4 Januari sampai 16 Februari. Pada KKN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan individu di kampung halaman mahasiswa. KKN kali ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis Suistainable Development Goals (SDGs).

Seperti yang kita ketahui, semenjak adanya pandemi Covid-19 ini, perekonomian Seperti yang kita ketahui semenjak adanya Pandemi COVID-19 ini, perekonomian masyarakat Indonesia menurun. Hal ini disebabkan oleh adanya peraturan mengenai himbauan untuk tetap di rumah saja, hal ini berdampak kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Tegalsari yang sasarannya hanya penduduk lokal saja. Oleh sebab itu perlu diadakannya edukasi yang bertujuan untuk memperluas segmen pasar. Maka dari itu, salah satu Mahasiswi KKN Universitas Diponegoro melakukan edukasi mengenai pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran.

Melakukan edukasi dengan salah satu pelaku UMKM

Edukasi ini bertujuan untuk memudahkan para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya serta untuk memperluas segmen pasar. Karena dengan pemasaran melalui media sosial media kita dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Memasarkan produk melalui media sosial juga dapat mengurangi pelaku UMKM berkontak langsung dengan para konsumennya, guna mencegah adanya penyebaran COVID-19. Edukasi ini dilakukan dengan cara mendatangi rumah warga (door to door) yang memiliki UMKM di lingkungan RT 01 / RW 10 Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Edukasi ini diharapkan para pelaku UMKM mendapatkan informasi mengenai Social Media Marketing yang dapat digunakan untuk tetap melakukan pemasaran ditengah pandemi COVID-19 ini serta dapat memperluas segmen pasar mereka. Dengan memasarkan produk melalui media sosial pelaku UMKM tidak lagi kesulitan untuk mempertahankan usahanya di saat pandemi seperti ini, cukup memasarkan produk melalui media sosial dan melakukan komunikasi dengan para konsumennya melalui media sosial

Penulis : Nadhira Eka N / 26050117120024 / Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
DPL : Bagus Rahmanda, S.H., M.H