Penyuluhan Gizi Daring untuk Intervensi Ibu Hamil Berisiko Tinggi

Semarang (11/2) COVID-19 telah mengubah banyak aspek kehidupan. Mulai dari dunia kerja sampai dunia kesehatan. Kesehatan merupakan hal yang penting khususnya selama masa pandemi COVID-19. Kelompok rawan terkena COVID-19 tentunya perlu berhati-hati dan memperhatikan kondisi tubuh. World Health Organization menyatakan bahwa ibu hamil berusia tua, kelebihan berat badan, dan memiliki masalah  medis termasuk kelompok rawan COVID-19. Beberapa hal tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut termasuk dalam kelompok ibu hamil berisiko tinggi atau bumil risti. Bumil risti adalah wanita hamil di luar usia 20-35 tahun, adanya masalah persalinan/kehamilan sebelumnya, dan lain-lain. Bumil risti cenderung mengalami komplikasi selama masa hamil dan saat kelahiran bayi.

Pada Kelurahan Muktiharjo Kidul masih ditemukan beberapa bumil risti. Biasanya pihak Puskesmas dan Forum Kesehatan Kelurahan akan memberikan pembinaan dan pendampingan kesehatan dan gizi secara individu dengan petugas kesehatan. Sayangnya hal tersebut berisiko untuk dilakukan selama masa pandemi. Sehingga mahasiswa Undip berinisiatif untuk melaksanakan penyuluhan gizi ibu hamil secara daring menggunakan Whatsapp.

Program penyuluhan edukasi gizi ini dilaksanakan dengan mengumpulkan bumil risti Kelurahan Muktiharjo Kidul ke grup Whatsapp. Mahasiswa juga menyediakan leaflet yang berisi informasi-informasi gizi untuk ibu hamil. Program dilaksanakan pada hari Minggu, 31 Januari 2021. Program dimulai pada pukul 09.15 WIB dengan menjelaskan mengenai apa itu gizi seimbang, pentingnya gizi untuk ibu hamil, zat gizi yang penting, contoh porsi makan, contoh frekuensi makan, dan contoh makanan tambahan atau selingan untuk ibu hamil. Program diakhiri dengan sesi tanya-jawab. Diharapkan bumil risti yang berpartisipasi pada program ini mendapat tambahan wawasan yang diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari.

Penulis: Nabila Ayu Salsabila (Mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 2021, S1 Program Studi Gizi)

Dosen Pembimbing: Susatyo Nugroho Widyo Pramono, S.T., M.M.