Mahasiswa KKN UNDIP mengajak ibu PKK menjaga ketahanan pangan melalui sistem vertikultur

Presentasi cara pembuatan tanaman vertikultur dihadapan ibu pkk

Semarang ( 8/2/2021). Pada umumnya Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Diponegoro dilakukan secara berkelompok, tetapi dikarenakan pandemic covid-19 sekarang ini, mengharuskan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN secara mandiri di lokasi domisili (tempat tinggal mahasiswa masing-masing), mulai tanggal 4 Januari – 16 Februari 2021.

Tema KKN Tim 1 Periode 2021 kali ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah pandemic Covid-19 yang Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’S)”. Kegiatan KKN tentunya dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemernitah. 

Fajar Siddik Alamsyah Harahap, mahasiswa jurusan Agribisnis UNDIP yang sedang melaksanakan KKN di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang membuat sebuah program untuk mendukung ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 yaitu dengan melakukan program Vertikultur Tanaman bersama Ibu-ibu PKK di Kantor Kelurahan Bulusan. 

 Vertikultur merupakan teknik bercocok tanam diruang atau lahan sempit dengan memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat bercocok tanam yang dilakukan secara bertingkat. Vertikultur ini memanfaatkan botol-botol bekas dan pupuk kandang. Untuk benih atau biji tanaman bisa dibeli di toko-toko bunga terdekat. 

Foto Bersama pak lurah Kelurahan Bulusan

 Dengan adanya program vertikultur ini diharapkan para ibu-ibu PKK dapat  menerapkan sendiri-sendiri di rumah masing-masing, agar lebih hemat dalam belanja, memanfaatkan barang bekas dan sumber daya hewan (pupuk kandang), dan mengurangi penggunaan pestisida, serta mendukung ketahanan pangan di masa pandemi covid-19 sekarang ini.

Fajar Siddik Alamsyah Harahap – AGRIBISNIS UNDIP 2017 – 23020317120029

DPL : Dr. Ir. Marry Christiyanto, M.P. 

#P2KKN #KKNTim1Undip