Belajar Sambil Internetan, Mahasiswa Menciptakan Akun Media Sosial Edukasi COVID-19 Tanpa Harus Keluar Rumah

            Situasi Pandemi COVID-19 tentunya merupakan salah satu fenomena paling relevan di tahun 2020, yang hingga tahun 2021 ini pun masih terus berlanjut. Bila dipikirkan, situasi Pandemi telah berlangsung selama hampir satu tahun dan tentunya masyarakat secara umum sudah terbiasa melaksanakan protokol kesehatan demi mencegah tersebarnya virus tersebut. Namun, kenyataannya tidaklah sedemikian.

            Menurut data dari World Health Organization, jumlah kasus terjangkit paling tinggi di Indonesia adalah 88,839 kasus, dan data ini diambil pada tanggal 25 Januari 2021! Mengapa jumlah kasus COVID-19 malah semakin melonjak? Jawabannya dapat dilihat dengan mata sendiri hanya dengan melihat ke luar jendela.

            Walau pun ahli-ahli medis menganjurkan bagi masyarakat untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah baik melalui media massa atau pun internet, masih saja banyak orang yang beraktifitas di luar rumah dalam jangka waktu yang lama, bahkan tanpa menerapkan prosedur pencegahan COVID-19! Hal ini merupakan tamparan keras ke muka bahwa masih banyak orang yang tidak mengetahui informasi-informasi esensial mengenai COVID-19 dan bagaimana cara mencegahnya. Melihat hal tersebut, seorang mahasiswa pun berpikiran sebagai berikut, “Bagaimanakah cara mensosialisasikan informasi supaya masyarakat dapat tetap aman di rumah tanpa harus mengambil risiko keluar untuk memperoleh informasi tersebut?” Itulah asal usul terbentuknya Projek MANDIRI. Apakah Projek MANDIRI itu?

            Projek MANDIRI (aMAN DI Rumah Indonesia) adalah akun media sosial yang diciptakan oleh Daniel Dewana Swa, seorang mahasiswa asal Universitas Diponegoro dengan satu tujuan penting; memberikan informasi relevan kepada masyarakat supaya mereka dapat menjaga keamanan mereka di dalam situasi Pandemi, tanpa harus mengambil risiko apa pun. Dengan Projek MANDIRI, anggota masyarakat yang tertarik untuk menjaga kesehatan pribadi beserta keluarga mereka dapat langsung menuju akun Projek MANDIRI baik melalui link yang telah disebarkan dengan bantuan ketua RT, atau dengan menscan langsung QR code di poster-poster yang telah di tempelkan di daerah sekitar Tembalang.

            Tunggu apa lagi? Mari belajar menjaga kesehatan anda sekarang!

Instagram Projek MANDIRI: https://instagram.com/danieldewanaswa/