Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Redesain Masjid dalam Menangani COVID-19

Semarang (12/2) Pandemi COVID-19 telah merubah cara kita dalam beraktifitas, termasuk dalam hal beribadah. Banyak kegiatan beribadah umat islam yang dilakukan dengan cara berkumpul. Namun, pemerintah menghimbau masyarakat melakukan physical distancing dan tidak berkumpul dengan orang banyak untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Penduduk RW 08 Kelurahan Gajahmungkur mayoritas beragama muslim, namun hanya terdapat 1 masjid di daerah RW 08 yaitu Masjid Baitul Ikhlas. Masjid tersebut tidak luas namun dapat menampung orang dengan kapasitas banyak.

Kementerian Agama dan MUI telah memberikan toleransi kegiatan beribadah di masjid. Yaitu sesuai protokol kesehatan yang ada dengan melakukan physical distancing dan menggunakan masker saat sedang shalat. Tetapi masjid ini tetap menerima orang dengan jumlah yang banyak dan terkadang belum memperhatikan minimal jarak. Selain itu sirkulasi masuk dan keluar orang hanya berada di pintu utama masjid.

3D Redesain Masjid Baitul Ikhlas
Presentasi dan Penyerahan Redesain Masjid Baitul Ikhlas

Mahasiswa KKN UNDIP membuat usulan redesain Masjid Baitul Ikhlas yang memenuhi standar protokol kesehatan dengan menambahkan fasilitas tempat sabun di setiap tempat wudhu. Selain itu merubah tata letak perabot, jenis jendela dan sirkulasi orang.

Sirkulasi Masuk Masjid Baitul Ikhlas
Sirkulasi Keluar Masjid Baitul Ikhlas

Penulis : Arahmaiani Azani ( Fakultas Teknik Arsitektur)

DPL : Bagus Rahmanda, S.H., M.H.

#KKNTim1Periode2021 #p2kknundip #lppmundip #undip