ADA APA DENGAN MUNCANG? NOMOR 3 BIKIN WOW

IMG_20170715_140531Kegiatan KKN UNDIP TIM  II 2017 dilangsungkan di Desa Muncang,Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Batas wilayah Desa Muncang yaitu Sebelah utara Desa Kelangdepok, Sebelah selatan Desa Bodeh, Sebelah timur Pekalongan, Sebelah barat Kecamatan Ampel Gading.Luas desa Muncang adalah 301,298 Ha dengan ketinggian DPL 15 meter dan terbagi dalam 4 Dusun, 4 RW, dan 36 RT. Dusun terdiri dari dusun Ujung Alit, Kebadinan Barat, Kebadinan Timur, dan Dusun Gembyang. RW 1 terdapat 10 RT, RW 2 terdapat 10 RT, RW 3 terdapat 10 RT, dan RW 4 terdapat 6 RT. Jumlah penduduk Desa Muncang tahun 2016 adalah 5696 jiwa dengan jumlah laki-laki sebanyak 2810 jiwa dan jumlah perempuan 2886 jiwa.

  1. Potensi

Potensi desa secara umum dari Desa Muncang adalah pertanian dan peternakan. Bidang pertanian dengan penggunaan sawah 160,82 Ha dengan komoditas utama tanaman padi. Adapun peternakan yang dikembangkan yaitu sapi, kerbau, ayam kampung, bebek, kuda, kambing dan angsa dengan dominasi peternakan ayam kampung dan bebek. UMKM Konveksi juga banyak terdapat di wilayah Desa Muncang sebagai salah satu potensi desa.

  1. Sarana dan Prasarana

Desa Muncang dilengkapi dengan beberapa fasilitas, diantaranya fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan beserta fasilitas umum lainnya. Fasilitas pendidikan terdapat sekolah PAUD, TK, dan SD. Fasilitas kesehatan yang berada di desa Muncang diantaranya PKD (Poliklinik).

  1. Merk Pakaian Terkenal Diproduksi di Desa Muncang

Selain sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani, masyarakat desa Muncang juga bekerja konveksi-konveksi yang ada. Ternyata, merk pakaian terkenal yang dijual di mall-mall besar, seperti H”## diproduksi di Desa Muncang.