Mahasiswa Undip Mengenalkan Sistem Pengairan Tanaman Otomatis Sederhana Berbasis Timer

Panggung Lor, Semarang (13/02) KKN UNDIP TIM 1 2021 yang dilaksanakan dari tanggal 4 Januari sampai 16 Februari 2021 kali ini berbeda dengan KKN pada tahun-tahun sebelumnya. Situasi yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 ini menyebabkan kegiatan KKN dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Selama masa pandemi ini, masyarakat selalu dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan dan PPKM (Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang baru saja dikenalkan oleh pemerintah untuk menggantikan istilah PSBB.

Adanya pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak awal tahun lalu telah mempengaruhi berbagai macam aspek, salah satunya yaitu masalah ketahanan pangan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan yaitu dengan bercocok tanam di lingkungan rumah tangga menggunakan media tanam sederhana. Budidaya sayuran dan buah secara sederhana di rumah tangga sebenarnya bukanlah hal baru, namun sebagian besar masih menggunakan sistem pengairan manual dimana tanaman harus disiram setiap hari secara langsung. Padahal, dengan perkembangan teknologi saat ini, alat pengairan otomatis dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko online di Indonesia.

Pengenalan sistem pengairan tanaman otomatis ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi warga yang masih belum mengetahui dan memahami potensi dari sistem ini. Alat dan bahan yang digunakan pada pengenalan ini pun cukup sederhana, yaitu terdiri dari satu set alat pengairan otomatis berbasis timer, selang air, keran cabang, serta media tanam sederhana. 

Pembuatan dimulai dari proses perakitan alat pengairan otomatis dan mengatur waktu pengairan yang diinginkan. Selanjutnya sambungkan alat pengairan otomatis dengan selang dan keran cabang sesuai dengan kapasitas pengairan yang dibutuhkan. Setelah itu, pasang alat pengairan otomatis pada sumber air (keran) dan biarkan keran dalam posisi terbuka. Sistem akan mengalirkan air secara otomatis sesuai dengan pengaturan waktu yang sudah ditentukan.

Penulis : Satria Wijaya (Fakultas Teknik)

DPL : Sukiswo, S.T.,M.T.