REAL!!! Inilah Hasil NYATA Redesain Taman TOGA

Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Periode 2021/2021

Semarang (31/01/2021) – Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2021 membuat Redesain taman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang kemudian langsung di Realisasikan di RT 01 RW 01 Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Sebagai bentuk upaya untuk mencegah dan mengurangi kasus pandemi Covid-19 ini, redesain serta penanaman Toga ini menjadi salah satu cara dalam meningkatkan sistem imun terhadap virus yaitu dengan Pemanfaatan tanaman obat keluarga seperti jahe dan kunyit yang dijadikan minuman.

Redesain taman dilakukan atas permasalahan kualitas Taman Tosabu yang ada di RT 01 RW 01 Kelurahan Kramas ini menurun, jumlah dan jenis tanaman obat pun juga sedikit, selain itu penataan tanaman dan keindahan taman kurang menarik, sehingga saya, Elsha Aditya Putri jurusan Arsitektur Fakultas Teknik membuat desain Taman Tosabu ini menjadi lebih menarik dan indah.

Gambar Hasil Redesain Taman Tosabu / dokpri

Setelah desain taman selesai, saya bersama Anggota Tim 1 KKN Undip bekerja sama dalam merealisasikan desain (penanaman toga) yang terdiri dari Mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Kesehatan Masyarakat yaitu Muhammad Fauzi R. Dan Zida Ulya S. Kegiatan ini merupakan Kolaborasi antara pihak PKK RT 01 dengan pihak Mahasiswa KKN UNDIP. Dalam Pelaksanaan penanaman, kegiatan ini didampingi oleh ibu Daisan Selaku Ketua PKK RT 01 / RW 01. Ibu Daisan sangat mendukung dan mengapresiasi inisiatif mahasiswa dalam pembuatan taman toga ini. Menurutnya dengan adanya penanaman tanaman toga ini dapat menjadi inspirasi bagi warga sekitar untuk berbondong-bondong melakukan penanaman tanaman obat di pekarangannya.

Proses penanaman Tanaman ke dalam Polybag / dokpri
Kondisi Taman Tosabu sebelum Redesain / dokpri
Kondi Taman Tosabu Setelah Redesain dan Penanaman / dokpri

Pembuatan taman toga ini dilakukan dengan penanaman berbagai jenis tanaman obat seperti jahe, kapulogo, kunyit, kunci, kumis kucing, sirih, lidah buaya dan masih banyak lagi. tanaman obat tersebut masing-masing memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Selain itu taman juga dilengkapi dengan tanam hias yang sebeumnya sudah ada di taman Tosabu tersebut yang kondisi tanamannya diperbaiki dan ditanam kembali dengan baik.

Kegiatan ini bukan sekedar menanam tanaman obat, namun juga memperkenalkan wajah baru dari Taman Tosabu Kramas. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung terhadap masyarakat sekitar, terutama masyarakat Kelurahan Kramas.

Penulis : Elsha Aditya Putri / Arsitektur 2017 – Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing Lapangan : drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp. Perio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *