KKN UNDIP Bentuk Program Kelompok Bimbingan Belajar untuk Anak-Anak di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang terjadi di tahun 2020 menjadi musibah yang sangat memilukan. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah adanya penularan virus corona adalah melakukan proses belajar dirumah melalui pembelajaran daring. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID.

Program Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro kali ini mengusung tema KKN Pulang Kampung, maka mahasiswa melaksanakan program KKN diderahnya masing-masing. Salah satu mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN Pulang Kampung yaitu Irawati Dewi/23010117120033 dari program S1 Peternakan, FPP, UNDIP. Ira melaksanakan kegiatan KKN di Dusun Jagir Kelurahan Kedungringin, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang dengan arahan dari dosen Pembimbing Lapangan Ariska Nurfajar Rini S.E., M. Sc.

Salah satu program yang diusung Ira dalam kegiatan KKN kali ini yaitu bimbingan belajar bagi anak-anak sebagai implementasi “study frome home”. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Ira memberikan pendampingan dan bimbingan kepada anak-anak yang tinggal dilingkungan Dusun Jagir bersama dengan anggota karang taruna dan mahasiswa KKN lainnya. Pendampingan ini dilaksanakan di Masjid Baitul Mu’minin setiap Hari Selasa – Kamis pukul 13.00 – 16.00 WIB. Anak-anak yang mengikuti program ini berkisar 20 – 25 orang dari siswa SD dan siswa SMP. Jadwal pendampingan belajar yang dilakukan yaitu hari Selasa untuk kelas 1 – 3 SD, hari Rabu untuk kelas 4 – 6 SD dan har Kamis untuk siswa SMP. Penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

Respon positif dan dukungan dari para orang tua sangat bagus. “Adanya bimbingan belajar dari mbak dan mas KKN ini membuat anak saya lebih semangat untuk belajar di masa pandemi seperti ini. Saat belajar dilakukan dari rumah, anak saya setiap harinya hanya main dan malas-malasan untuk belajar. Namun, dengan adanya kegiatan bimbingan belajar ini, anak saya mulai semangat kembali untuk belajar” ujar Sugiyati salah satu wali siswa yang mengikuti kegiatan bimbingan belajar.

Penulis: Irawati Dewi

Dosen Pembimbing Lapangan: Ariska Nurfajar Rini, S.E., M.Sc.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.