Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Pembangunan Daerah dengan Pembuatan Peta Sebaran Infrastruktur di Desa Bandar Setia

Bandar Setia, Deli Serdang – (15/02) Salah satu mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro (UNDIP) telah merampungkan program pembuatan peta sebaran infrastruktur di Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sesuai dengan Tema KKN Tim I UNDIP Tahun Akademik 2020/2021, yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan (SDGs)”, maka program yang dibawakan ini merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat dan pembangunan daerah yang berkaitan dengan SDGs nomor 9, yaitu Inovasi dan Infrastruktur. Program pemetaan infrastruktur ini bertujuan untuk mendukung perencanaan pembangunan desa. Pembangunan desa berdasarkan sebaran infrastruktur tersebut diharapkan berimplikasi pada pemberdayaan masyarakat, mengenali fisik lingkungan daerah, pemerataan infrastruktur, penggunaan tata guna lahan yang sesuai dengan RTRW (Rencanan Tata Ruang Wilayah) yang berlaku, dan sebagai instrumen kebijakan. Langkah awal pembuatan peta tersebut dimulai dari survey lapangan, berkonsultasi dengan tokoh-tokoh masyarakat desa, mendatangi lokasi infrastruktur, memberi titik koordinat di kawasan tersebut, lalu mencoba mengaplikasikannya dalam model produk desain yang kontekstual menggunakan Software ArcGIS.

Desa Bandar Setia ini dulunya merupakan desa yang sunyi, masyarakat belum banyak bermukim dan buruknya akses jalan juga menambah faktor sunyinya desa ini. Selain itu, penerangan yang kurang dan banyaknya kebun dengan pohon-pohin besar menambah kesan angker di desa ini. Desa Bandar Setia berdiri sejak tahun 1902 dikarenakan desa ini menjadi akses menuju kerajaan. Oleh Tengku Jaya Pahlawan, Beliau mengajak rakyatnya untuk pindah ke Desa Bandar Setia untuk bermukim dan bertempat tinggal.

Adanya pemetaan ini dapat menjelaskan kondisi tata guna lahan dari segi infrastruktur, sebaran infrastruktur, dan juga akses terhadap infrastruktur tersebut. Diharapkan dengan adanya peta sebaran infrastruktur tersebut, pemerintah dapat menjadikan peta tersebut sebagai alat pengambilan keputusan yang menunjang pembangunan desa agar lebih tepat guna dan tepat sasaran di Desa Bandar Setia ini.

Penulis : Rayhan Chansa Chaidir

Dosen Pembimbing Lapangan : Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum.