Jalani Kehidupan New Normal, Mahasiswa Undip Susun Modul Protokol New Normal

Tanah Datar (15/02) – Saat ini kasus Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di indonesia semakin meningkat. Berdasarkan data dari website satgas covid-19 indonesia covid19.go.id , Provinsi Sumatera Barat berada pada tingkat ke sembilan kasus terkonfirmasi di Indonesia dengan total kasus terkonfirmasi dengan jumlah kasus sebanyak 27802. Di Kabupaten Tanah Datar, khususnya Nagari Minangkabau masyarakat telah menerapkan kehidupan new normal. Namun karena tidak terdapat kenaikan jumlah kasus di Nagari Minangkabau, masyarakat mulai bertindak tak acuh dengan protokol kesehatan.

Untuk membantu pencegahan penularan Covid-19 di Nagari Minangkabau, mahasiswa KKN Tim I Undip 2021 menyusun modul protokol new normal yang berisi panduan pencegahan Covid-19 dan pengendalian kegiatan masyarakat di era new normal ini.

Ruang lingkup bahasan modul yang disusun adalah dalam perkantoran, perusahaan/ industri, pusat perbelanjaan/ toko swalayan, obyek wisata, dan penyelenggaraan hajatan/ pertemuan publik. Modul ini diserahkan ke wali nagari agar dapat disebarluaskan ke masyarakat Nagari Minangkabau.

Dengan adanya modul ini, diharapkan masyarakat dapat mengikuti panduan yang ada dan bersikap lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga dapat meminimalkan timbulnya kasus baru.

Penulis: Faridi Yr
Dosen Pembimbing: Karnoto, ST, MT