KEREN PARAH Mahasiswa UNDIP Membangun Lapak Baca Gratis Di Lokasi KKN

SEMARANG – Pada tanggal 4 Januari  hingga dengan tanggal 16 Februari 2021 Mahasiswa Universitas Diponegoro melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan bertajuk pulang kampung di RW.16 Muktiharjo Kidul, Kec. Pedurungan, Kota Semarang. Berbagai macam kegiatan yang dijalankan Selama Program Kerja KKN Pulang Kampung dilakukan. Salah satunya ialah kegiatan membuka lapak baca, yang di bernama Lapak Baca Jago Literasi.

Program kegiatan KKN yang di usung oleh mahasiswam jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro dengan dilatar belakangi oleh karena para mahasiswa Ilmu Purpustakaan ingin berbagi ilmu untuk menumbuhkan kreatifitas serta minat baca anak-anak dari sejak dini, Lapak Baca Jago Literasi ini dilakukan di RW.16 Kelurahan Muktiharjo Kidul agar bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat setempat. Hal ini selaras dengan tema KKN TIM I 2020/2021 yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)”.

Jadi dengan adanya program kerja tersebut, diharapkan warga sekitar dapat memperoleh informasi dan pengetahuan dari buku bacaan dengan mudah. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki minat baca dan pengetahuan yang tinggi sehingga dapat menciptakan masyarakat dengan sumber daya yang berwawasan luas dan berkualitas tinggi serta anak-anak tidak akan kehilangan masa-masa kanak-kanak mereka di era globalisasi yang teknologinya sudah canggih.

Bahan bacaan Lapak Baca Jago Literasi didapatkan dengan melakukan pembelian dan hibah. Dalam mendapatkan bahan bacaan mahasiswa menyebar poster open donasi buku yang disebar ke masyarakat sekitar dan melalui media sosial. Sehingga tak dipungkiri dari awal melakukan kegiatan antusias masyarakat terkhusus anak-anak dalam mengikuti kegiatan-kegiatan  yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro dapat diterima dengan baik dan program yang adapun terlaksana dengan lancar tanpa hambatan.