KKN Desa Dermaji dimasa Pandemi

Banyumas (11/07/2021) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun salah satunya oleh Universitas Diponegoro (Undip). Namun menyikapi permasalahan kondisi pandemi yang masih berlangsung, Undip melaksanakan kegiatan KKN dengan konsep “KKN Pulang Kampung” dimana masing-masing mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN berdasarkan tempat tinggalnya. Hal ini  merupakan bentuk partisipasi Undip dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

KKN TIM II 2021 – Perizinan Lokasi KKN

Desa Dermaji menjadi pilihan beberapa mahasiswa peserta KKN untuk melaksanakan kegiatannya, salah satunya adalah Devi Nurkhayati. Posisi yang masih terjangkau dan potensi desa yang dimiliki menjadi bagian alasan terpilihnya Dermaji sebagai lokasi. Kegiatan yang telah dilakukan pada minggu pertama setelah upacara penerjunan adalah melakukan perizinan lokasi kepada pihak Kecamatan, Desa, dan RW/RT setempat. Selain perizinan, dilakukan juga survey kondisi Desa Dermaji dari kondisi lingkungan, potensi desa, serta fasilitas yang dimiliki. Museum Nala Dipa dan Perpustakaan Jagat Aksara menjadi 2 dari sekian tempat favorit yang wajib dikunjungi.

KKN TIM II 2021 – Museum Nala Dipa

Museum Nala Dipa merupakan sebuah museum yang menyimpan barang-barang dan dokumentasi kegiatan desa dari jaman dahulu sebagai bentuk kenang-kenangan dari Desa Dermaji yang dimulai dari sekitar tahun 1970-an hingga sekarang. Barang-barang yang tersedia diantaranya mesin ketik, handphone lama, alat hitung, alat penerangan, koleksi uang jaman dulu, dan sebagainya. Terdapat juga foto dari tokoh-tokoh desa yang dipasang secara berurutan pada dinding ruangan.

KKN TIM II 2021 – Perpustakaan Jagat Aksara

Selain itu, ada juga perpustakaan desa yang menyimpan berbagai buku dengan topik pembahasan beragam. Mulai dari topik berbagai jenis mata pelajaran sekolah atau kuliah, buku agama, buku tentang teknologi, buku lingkungan, buku psikologis, novel, buku sastra, hukum, dan masih banyak topik lainnya. Sebelum terjadi pandemi, perpustakaan selalu ramai dikunjungi oleh para siswa yang secara bergantian berkunjung dan membaca buku. Namun setelah pandemi, walaupun terlihat lebih sepi perpustakaan tetap buka di jam operasional untuk memfasilitasi siswa serta masyarakat umum lainnya yang berkunjung untuk membaca atau meminjam buku.

Penulis : Devi Nurkhayati
Dosen Pembimbing : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng.
Lokasi : Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Banyumas.