EKONOMI KREATIF BERBASIS DIGITAL SEBAGAI TULANG PUNGGUNG PEREKONOMIAN INDONESIA DI MASA PANDEMI

Karanganyar Gunung (12/7) Efek domino dari pandemi covid-19 berimbas terhadap melemahnya kondisi perekonomian,  imbas tersebut juga dirasakan oleh masyarakat Karanganyar Gunung Kecamatan Candisari Kota Semarang yang merupakan salah satu lokasi tempat Mahasiswa KKN UNDIP tim 2 diterjunkan dan mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Tengah pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”. Ekonomi Kreatif Berbasis Digital merupakan konsep Ekonomi baru yang mengandalkan ide dan pengetahuan dari Sumber Daya Manusia sebagai faktor produksi yang utama, melalui penggunaan digital diharapkan agar ekonomi kreatif tetap tumbuh dan berkembang dimasa pandemi covid-19.  Program edukasi Ekonomi Kreatif Berbasis Digital dilakukan dengan mengedukasi masyarakat RT 07/RW 02 melalui video, poster, dan sesi tanya jawab menggunakan Grup masyarakat pada aplikasi WhatsApp. Mahasiswa juga mengajak masyarakat untuk mengubah ide, hobi atau bakat menjadi sebuah peluang usaha. Ada 17 Subsektor Ekonomi Kreatif yang kiranya dapat dikembangkan diantaranya :

  • Pengembang permainan
  • Arsitektur
  • Desain interior
  • Musik
  • Seni rupa
  • Desain produk
  • Fashion
  • Kuliner
  • Film Animasi dan video
  • Fotografi
  • Desain Komunikasi Visual
  • Televisi dan Radio
  • Kriya
  • Periklanan
  • Seni pertunjukan
  • Penerbitan
  • Aplikasi
Poster Ekonomi Kreatif Berbasis Digital

Mahasiswa juga telah menyiapkan 24 buah tripod mini yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat setempat sebagai bentuk dorongan dan dukungan kepada masyarakat agar bisa mengubah ide, hobi, maupun bakat mereka untuk memulai maupun mengembangkan Ekonomi Kreatif kedepannya. Ekonomi kreatif berbasis Digital Sebagai Tulang Punggung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi covid-19. Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit

penulis : Yemima Simbolon / manajemen/ Fakultas Ekonomika dan Bisnis

DPL : Damar Nurwahyu Bima, S.Si,M.Si

#p2kkn