Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Berperan Aktif dalam Proses Percepatan Penanganan Virus Covid-19 di Desa Dermaji

Virus Covid-19 semakin hari semakin menggila, dimana setiap hari angka positif terus meningkat dan angka kematian juga terus meningkat. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa Dermaji yaitu dengan melakukan kegiatan tracking. Proses tracking covid-19 meliputi upaya identifikasi orang yang mungkin terpapar virus Covid-19, dan pemantauan harian atas kontak erat setiap hari selama 14 hari untuk menghentikan penularan virus Covid-19.

Salah satu tahap yang dilakukan dalam proses tracking yaitu wawancara

Langkah yang dilakukan pertama kali dalam kegiatan tracking yaitu definisi kontak atau orang yang terpapar dari orang lain yang terinfeksi virus dari 2 hari sebelum hingga 14 hari setelah orang tersebut menunjukkan gejala. Kedua, identifikasi kontak yang dilakukan melalui wawancara dengan orang yang terinfeksi virus untuk mengetahui dengan siapa mereka telah melakukan kontak. Ketiga, informasi kepada kontak untuk menentukan apakah mereka memenuhi definisi kontak dan kemudian dipantau dengan melindungi data pribadi mereka yang terkena konfirmasi sebagai kontak. Keempat, mengelola dan memantau kontak setiap hari selama 14 hari.

Apabila orang telah terkonfirmasi sebagai kontak, maka harus dilakukan tes swab antigen untuk melihat apakah orang kontak tersebut positif dari virus covid-19 atau tidak. Dari hasil tracking tersebut dapat diketahui bahwa orang yang terpapar virus covid-19 adalah orang yang bepergian ke luar daerah.

Pramuditya Wuryaningsih_Departemen Kimia_Fakultas Sains dan Matematika

Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, ST., M.Eng.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.