Akibat Pandemi Covid-19, Modul Smartbook dan Video Pembelajaran Jadi Solusi Guru Ajarkan Matematika Selama KBM Daring.
Bulakelor, Kabupaten Brebes (19/7/2021) – Universitas Diponegoro kembali mengadakan salah satu program Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun, mengingat kondisi saat ini, KKN TIM II UNDIP Periode 2020/2021 dilaksanakan di kampung halaman masing-masing dan dilakukan secara mandiri atau individu yang dikenal dengan nama KKN Pulang Kampung. KKN TIM II UNDIP mulai dilaksanakan pada tanggal 30 Juni sampai dengan 12 Agustus 2021 yang berlokasi di Desa Bulakelor, Kabupaten Brebes, dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang telah ada.
Pandemi Covid-19 ini memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap kehidupan sehari-hari, khususnya pada sektor pendidikan. Tidak hanya universitas yang terkena dampaknya, bahkan sekolah-sekolah pun harus melakukan pembelajaran yang berbeda. Pembelajaran secara daring pun diberlakukan untuk semua sekolah. Perubahan secara mendadak ini juga menyebabkan ketidaksiapan pada perangkat sekolah khususnya guru yang harus menyesuaikan cara mengajar secara daring kepada siswanya, ditambah bila siswanya masih sulit untuk menjangkau pelaksanaan secara daring. Mulai dari telepon genggang, kuota internet, dan sebagainya.
Masalah tersebut kemudian perlu adanya suatu metode pembelajaran yang diharapkan mampu membuat proses pembelajaran menjadi lebih baik. Belum lagi beberapa materi sulit untuk diajarkan kepada siswa seperti materi pelajaran matematika. Kemampuan memahami konsep dan kemampuan berhitung harus menjadi dasar menguasai pelajaran ini. Memiliki latar belakang sebagai seorang mahasiswa matematika, penulis selaku peserta KKN Tim II ini membuat program yang dapat membantu guru mengatasi hal tersebut yaitu dengan menyusun modul smartbook dan video pembelajaran.


Program dimulai pada hari Minggu (18/7/2021) yaitu dengan memberikan softfile modul smartbook dan beberapa video pembelajarannya secara daring melalui Whatsapp, kemudian keesokan harinya, penulis menyerahkan hardfile atau cetakan modul smartbook kepada sasaran program yaitu guru kelas 6 SDN Bulakelor 1. Hal ini dikarenakan masih membutuhkan beberapa perbaikan di beberapa sektor. Sasaran yang di targetkan penulis spesifik kepada guru kelas 6 karena memiliki tanggung jawab kepada siswanya agar mampu menguasai pelajaran untuk persiapan kelulusan. Penulis memberikan modul berupa smarbook yang berisi ringkasan materi kelas 6 dan materi-materi pendukung yang di desain menarik agar menambah minat siswa untuk belajar. Modul ini bisa di perbanyak dengan di cetak atau lebih praktis dapat dibagikan secara daring karena penulis menyajikan juga dalam bentuk softfile. Tidak sampai disitu, penulis juga membuat beberapa video penjelasan materi yang dirasa butuh adanya penjelasan lanjut. Kemudian video ini dapat di bagikan secara daring kepada siswa. Hal ini bertujuan untuk menambah alternatif guru untuk mengajarkan materi matematika khususnya dan materi-materi pelajaran lain umunya yang relevan dengan keadaan pandemi ini.

Penulis : Bagus Kohar Aji/ Matematika/ Fakultas Sains dan Matematika
DPL : Ir. Rudy Hartanto, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM.