Minggu Ke-3 KKN: Mahasiswa Siapkan Materi Sosialisasi Pemakaian Masker Sesuai Standar CDC

Semarang (20/07), Memasuki minggu ketiga KKN, mahasiswa mulai menyiapkan materi untuk program kerja pertama. Adapun program kerja pertama untuk KKN di RW 13 Tambak Lorok, Tanjung Mas, Semarang Utara adalah mengenai sosialisasi bahaya Covid-19 varian delta serta penggunaan masker sesuai standar CDC (Centers for Disease Control and Prevention). Adapun CDC meurpakan badan kesehatan Amerika Serikat yang berada di bawah depatemen  Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat. Anjuran penanganan dan pencegahan Covid-19 dari CDC sudah banyak disosialisasikan oleh media-media di Indonesia. Sayangnya, belum semua masyarakat melakukan hal tersebut.

Poster Pertama Berkaitan dengan Bahaya Covid-19 Varian Delta

Pemberian poster ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang mutasi virus Covid-19 yang lebih ganas daripada umumnya. Dengan begitu, masyarakat akan melakukan upaya preventif agar tidak terpapar virus.

Penting untuk memberikan edukasi mengenai bahaya Covid-19 terlebih dahulu sebelum menghimbau masyarakat menggunakan masker. Belum lagi, di wilayah RW 13 Tambak Lorok, masih ada masyarakat yang lalai dalam menggunakan masker. Masker yang digunakan juga kebanyakan hanya satu lapis (masker medis atau masker kain saja). Padahal, guna meningkatkan efektivitas masker perlu untuk melapis kedua masker tesebut. Sehingga mahasiswa KKN membuat poster kedua berkaitan dengan panduan penggunaan masker yang efektif.

Penggunaan masker yang efektif penting bagi masyarakat RW 13 Tambak Lorok mengingat mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai nelayan. Artinya, mobilitas laut dan pelabuhan merupakan area penting bagi masyarakat. Pelabuhan yang penuh dengan arus barang memungkinkan adanya kontak dengan banyak orang dari dalam maupun luar wilayah Tanjung Mas.

Poster Kedua Berkaitan dengan Panduan Penggunaan Masker yang Efektif

Poster ini akan dibagikan ke 5 RT yang ada di wilayah RW 13 secara daring melalui pesan whatsapp. Poster juga akan dibarengi dengan video edukasi dan praktek penggunaan masker sesuai dengan poster yang sudah dibagikan. Harapannya, masyarakat mendapatkan pandangan baru mengenai gejala, bahaya penularan serta pencegahan Covid-19 varian delta di wilayah RW 13 Tambak Lorok.

DPL: Dr. Ir. Pinandoyo., M.Si

Oleh: Lyra Asaria Uthan, Hubungan Internasional, FISIP (14050118140118)